Rabu 14 Oktober 2020, 13:26 WIB

Jangan Kucilkan tapi Beri Semangat Pasien Covid-19

Ardi Teristi Hardi | Humaniora
Jangan Kucilkan tapi Beri Semangat Pasien Covid-19

ANTARA/Syifa Yulinnas
.

 

COVID-19 bukan penyakit kutukan. Orang yang positif covid-19 pun bukan berarti dia memiliki dosa besar.

Stigma seperti itu harus kita hilangkan. "Jangan mengucilkan pasien positif. Orang yang terpapar covid-19 justru harus diberikan semangat bukan malah dikucilkan," pesan Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti, Rabu (14/10).

Para pasien orang tanpa gejala (OTG) yang mengisolasi dirinya di rumah juga jangan dikucilkan. Mereka hanya dibantu agar tidak berinteraksi dengan orang lain selama masa isolasi mandiri.

Haryadi pun mengajak masyarakat untuk berempati terhadap kondisi pasien yang positif terpapar covid-19. "Bayangkan kalau kita sakit lalu kesulitan mendapatkan makanan dan keluarga kita tidak boleh keluar. Maka apa yang terjadi kepada kita?" kata dia memberi contoh.

Ia pun mengungkapkan Pemerintah Kota Yogyakarta terus menyosialisasikan kepada warga untuk terus menaati protokol kesehatan. Warga selalu dingatkan untuk memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak fisik, serta mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun.

"Bukan social distancing, tapi physical distancing yang mesti dijaga," jelas dia.

Pada dasarnya, dalam konteks sebagai warga dan pertemanan maupun persaudaraan di Kota Yogya tidak ada jarak. Tapi yang harus dijaga yaitu jarak fisik dengan menghindari kerumunan. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Asprilla Dwi Adha

Ini Alasan Kemendikbudristek Kukuh Pertahankan PTM Meski Kasus Omikron Meningkat 

👤Faustinus Nua 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:40 WIB
"PTM sangat urgen, kita sudah menutup sekolah hampir dua tahun dan selama waktu tersebut banyak kejadian luar biasa diantaranya...
Dok. Pribadi

Alat Masak Berkualitas Ikut Tentukan Kelezatan Makanan 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:37 WIB
Dilansir dari healthline, alat masak seperti panci dan wajan yang tidak berkualitas bisa jadi sampah menumpuk karena orang-orang tidak akan...
Ist

Hari Pendidikan Internasional, LSM di Indonesia Dorong Menu Berbasis Nabati

👤Eni Kartinah 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:12 WIB
Sinergia Animal ingin mendorong institusi untuk menyediakan makanan yang lebih ramah iklim dan lebih sehat kepada siswa  sejalan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya