Senin 14 September 2020, 20:20 WIB

Ratusan Tukik Dilepasliarkan di Pantai Sodong

Lilik Darmawan | Humaniora
Ratusan Tukik Dilepasliarkan di Pantai Sodong

MI/Lilik Darmawan
Sebanyak 142 tukik tukik atau anakan penyu jenis Lepidochelys Olivaceae dilepasliarkan di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Cilacap

 

SEBANYAK 142 tukik atau anakan penyu jenis Lekang (Lepidochelys Olivaceae) dilepasliarkan di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, Senin (14/9).

Pelepasliaran ini merupakan kerja bareng  antara Komunitas Konservasi Penyu Nagaraja, Cilacap, Balai Konservasi  Sumberdaya Alam (BKSDA) Jateng wilayah Cilacap serta didukung Pertamina MOR IV Jateng-DIY.

Koordinator Komunitas Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap, Jumawan, mengatakan tukik yang dilepasliarkan ada yang baru berumur beberapa hari hingga empat bulan. "Ratusan tukik ini merupakan penetasan dari hasil evakuasi telur-telur penyu yang berada di sekitar perairan Cilacap. Evakuasi telur penyu ada di tiga titik yakni Pantai Sodong, Pantai Glempang Pasir, dan Pantai Widarpayung Kulon," jelasnya di sela-sela pelepasliaran di Pantai Sodong.

Di tempat yang sama, Kepala BKSDA Jateng Resor Konservasi Wilayah Cilacap, Dedy Rusyanto, mengatakan bahwa habitat penyu semakin lama, kian terdesak oleh aktivitas manusia. Sehingga dengan adanya kegiatan konservasi, maka akan sangat membantu pelestarian penyu.

"Sebetulnya, penyu memiliki daya adaptasi di lingkungannya. Namun, karena semakin terdesak aktivitas manusia, maka perlu ada intervensi manusia dalam upaya konservasi, guna mendukung stabilnya ekosistem. Selain aktivitas manusia, predator juga menjadi ancaman bagi telur penyu," katanya.

Sementara Unit Manager Pertamina MOR IV Jateng DIY Anna Yudhiastuti mengatakan bahwa Pertamina berkomitmen untuk mendukung konservasi penyu. "Kegiatan konservasi dilakukan di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, tepatnya di wilayah Pantai Sodong Jenis penyu yang saat ini masih terus dilakukan upaya konservasi adalah spesies Penyu Lekang. Tahun ini merupakan tahun kedua, dimana tahun lalu berbagai upaya telah dilakukan salah satunya telah melepasliarkan puluhan tukik," katanya.

Kedepan Pertamina Bersama Kelompok Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap akan terus mengembangkan infrastruktur konservasi diantaranya adalah membangun fasilitas penetasan telur penyu di pesisir selatan Cilacap. Selain infrastruktur hal yang akan dikembangkan kemudian adalah mengembangkan konsep Eduwisata di area konservasi untuk meningkatkan kesadaran terkait pelestarian Penyu. (OL-13)

Baca Juga: BKSDA Yogyakarta Lepasliarkan Satwa Burung Pemangsa

Baca Juga

Dok. R Wisnu Nurcahyo

Konsorsium Peduli Gajah

👤R Wisnu Nurcahyo 🕔Kamis 27 Januari 2022, 06:10 WIB
GAJAH sumatra tersebar di tujuh provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatra Selatan, dan...
Dok. R Wisnu Nurcahyo

Menyelamatkan Gajah Sumatra

👤R Wisnu Nurcahyo 🕔Kamis 27 Januari 2022, 06:00 WIB
GAJAH merupakan spesies asli Nusantara yang sekaligus satwa kebanggan...
Antara

Mencapai Net Zero Emission 2030-2035 Mengunakan Teknologi Nuklir

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:32 WIB
Dewasa kini stigma negatif yang timbul di masyarakat tentang nuklir memang masih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya