Rabu 02 September 2020, 22:00 WIB

Mensos Janjikan Data DTKS Dibenahi Tahun Depan

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Mensos Janjikan Data DTKS Dibenahi Tahun Depan

ANTARA/Galih Pradipta
Mensos Juliari Batubara usai penyerahan bantuan truk tangki air dan truk serbaguna pada Kopassus untuk penanggulangan bencana, Selasa(1/9).

 

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan program data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) akan dibenahi secara besar-besaran pada tahun depan. Hal ini berkaitan dengan anggaran yang cukup besar.

"Pembenahan DTKS akan kita lakukan tahun depan, karena anggarannya besar yaitu lebih dari Rp1 triliun," kata Juliari dalam peluncuran Program Bantuan Sosial Beras di Perum Bulog Wilayah DKI, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (2/9).

Baca juga: Menteri PPPA Minta DPR Masukan RUU PKS pada Prolegnas 2021

Ia melanjutkan, saat ini pihaknya sedang fokus untuk mengeksekusi program lainnya seperti program jaring pengaman sosial selama pandemi.

Saat ini Kemensos tercatat harus mengelola anggaran pemulihan ekonomi nasional (PEN) untuk perlindungan sosial sebesar Rp203,94 triliun.

"Saat ini kita fokus full pada eksekusi program. Tapi sudah disetujui di pagu anggaran Kemensos tahun depan akan dialokasikan untuk pemutakhiran DTKS," lanjutnya.

Juliari mengungkapkan pembenahan DTKS itu berkaitan dengan persentasi yang akan dinaikan. Jika saat ini DTKS diambil 40% dari populasi rumah tangga yang berada di seluruh Indonesia yang masuk dalam kelompok paling masyarakat bawah alias miskin, nantinya akan dinaikan menjadi 60%.

"Bahkan yang sekarang ini DTKS porsinya 40% dari populasi, tahun depan kita tingkatkan menjadi 60%," pungkasnya Juliari. (H-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Wujudkan SDM Unggul, Kalbis Institute Gandeng Nanjing University

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 18 Januari 2021, 19:46 WIB
Kalbis Institute bekerjasama Double Degree untuk beberapa program studi. Kerjasama Dual Degree ini dilakukan secara daring, mengingat...
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Vaksin Covid-19 Bagi Pelaku Bisnis dan Pekerja Didukung Asosiasi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 19:25 WIB
Perusahaan outsourcing atau Asosiasi Bisnis Alih Daya Indonesia menyambut baik program vaksinasi Covid-19 yang dimulai bertahap...
Antara

Pemerintah Janjikan Gaji dan Tunjangan PPPK Setara PNS

👤Faustinus Nua 🕔Senin 18 Januari 2021, 18:15 WIB
PEMERINTAH menjanjikan besaran gaji dan tunjangan bagi guru honorer calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan setara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya