Minggu 26 Juli 2020, 18:05 WIB

BKS: Fotografi Bisa Bangkitkan Optimisme di Masa Pandemi

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
BKS: Fotografi Bisa Bangkitkan Optimisme di Masa Pandemi

Dok. Kagama
Wakil Ketua Umum PP Kagama dalam forum virtual Kagama Yuk Motret

 

FOTOGRAFI menjadi bagian dari masyarakat modern berkat kehadiran ponsel pintar yang dilengkapi kamera. Kamera dalam ponsel bahkan semakin canggih dan memanjakan penggunanya yang hobi fotografi, baik untuk keperluan profesional ataupun membagikannya di media sosial.

Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP Kagama) Budi Karya Sumadi dalam diskusii Kagama Yuk Motret bertajuk Smartphone Photography Tips and Triks: Dari Foto Biasa jadi Foto Luar Biasa yang digelar secara virtual.

"Kini orang awam bisa memotret hanya dengan smartphone, yang harganya relatif terjangkau Memotret bisa menjadi salah satu aktivitas yang menarik dilakukan di masa pandemi Covid-19. Dengan hobi ini, kreativitas seseorang dapat tersalurkan dengan baik,” kata Budi yang juga Menteri Perhubungan RI itu.

Budi menambahkan, kegembiraan yang tercipta saat menekuni hobi juga berperan penting dalam meningkatkan imunitas tubuh. Jika dilihat peluangnya secara lebih luas, memotret bisa menjadi kerja profesional yang memberikan penghasilan.

"Luar biasa forum Kagama Yuk Motret kali ini menghadirkan para fotografer yang sudah berpengalaman. Selama pandemi  ini kita tidak boleh pasif dan mesti tetap mengutamakan protokol kesehatan dalam segala aktvitas," ujar alumnus Fakultas Teknik UGM ini.

Budi mengimbau agar masyarakat serius menaati protokol kesehatan agar terhindari dari penularan Covid-19, di samping aktif mengadakan kegiatan-kegiatan yang kreatif. 

Dalam kesempatan tersebut juga akan diumumkan para pemenang dari Kagama Photo Competition 2020 yang menjadi bagian dari program Kagama Yuk Motret.

Baca juga : Menteri Siti Dikukuhkan Sebagai Insinyur Program Profesi

Budi mengucapkan selamat kepada para pemenang kompetisi. Dia percaya para pemenang merupakan pribadi yang berbakat dan bisa menginspirasi orang lain. 

Senada dengan Budi Karya, Ketua II PP Kagama Bambang E. Marsono mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus menghadirkan kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah menyelenggarakan kegiatan Kagama Yuk Motret. 

Program ini, menurut Bambang, dilaksanakan PP Kagama untuk menjaring para alumnus UGM dan masyarakat yang memiliki hobi memotret. Dalam berbagai kegiatannya, para alumnus UGM  yang tergabung dalam Kagama Yuk Motret ini mengadakan sharing pengetahuan dan wawasan seputar fotografi, hunting foto bersama serta kegiatan sosial seperti melakukan bakti sosial. 

Soal lomba, kata Bambang, antusiasme peserta kompetisi foto luar biasa. Lomba foto telah diikuti ribuan peserta yang sebagian besar adalah generasi milenial. 

“Sebanyak 3.000 lebih foto telah diposting di Instagram untuk diikutkan dalam lomba,” jelas alumnus Teknik Sipil UGM ini.

Ada pun total hadiah yang diperebutkan sebesar IDR 25 juta dan Piagam Penghargaan dari PP KAGAMA.

Lomba fotografi ini, kata Bambang, bertujuan untuk membangun optimisme, kegembiraan, pikiran positif, lewat kegiatan produktif dan kreatif.  Kagama menurut Bambang akan terus mendorong kegiatan positif dan bermanfaat bagi masyarakat seperti melaksanakan lomba fotografi. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Akbar Tado

Kemensos Kirim Bantuan Rp1,7 Miliar untuk Korban Gempa Sulbar

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 16:15 WIB
Selanjutnya seluruh ahli waris korban bencana meninggal dunia akan diberikan santunan dengan nilai yang...
ANTARA

Satgas Covid-19 Tegaskan tidak Ada Vaksinasi Mandiri

👤Andhika Prasetyo 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 15:05 WIB
Karena seluruh biaya yang dibayarkan untuk membeli vaksin adalah anggaran pemerintah, sudah semestinya pelaksanaannya juga ditangani...
ANTAR/M Risyal Hidayat

DVI Polri Terima 162 Kantong Jenazah Korban Sriwijaya Air

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 14:49 WIB
Selain itu, tim DVI telah menerima 288 sampel DNA dari keluarga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya