Kamis 21 Mei 2020, 19:34 WIB

Wapres : Perlu ada Fatwa soal Lebaran dan Silaturahmi dari Rumah

Rahmatul Fajri | Humaniora
Wapres : Perlu ada Fatwa soal Lebaran dan Silaturahmi dari Rumah

Antara/Aditya Pradana Putra
Wakil Presiden Ma'ruf Amin

 

WAKIL Presiden Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat untuk bersilaturahmi secara virtual saat perayaan Idul Fitri tahun ini. Ia mengatakan menahan diri untuk tidak bersilaturahmi adalah langkah yang bijak di tengah kondisi pandemi virus korona atau covid-19.

Ma'ruf pun meminta Majelis Ulama Indonesia dan tokoh agama Islam untuk memberikan imbauan kepada masyarakat. Jika perlu, katanya, ada fatwa yang mengatur pembatasan silaturahmi saat perayaan Idul Fitri nantinya.

"Kita kepada umat Islam, MUI dan tokoh Islam semua harus satu arah. Situasi ini masih bahaya yang terjadi, maka ini harus difatwakan dan disampaikan bahwa lebaran tahun ini dalam situasi bahaya dan kita harus membatasi diri. Silaturahim bisa dilakuan melalui telepon genggam, melalui whatsapp," ujar Ma'ruf ketika sesi wawancara bersama Medcom.id, Kamis (21/5).

Ma'ruf mengatakan umat Islam masih mempunyai waktu untuk bersilaturahmi secara tatap muka ketika situasi kembali normal dan bisa dilakukan saat liburan Idul Adha. Saat ini, katanya, lebih baik semua pihak menahan diri dan melangsungkan silaturahmi via virtual.

Baca juga : Wapres: Mari Berlebaran di Rumah, Selamatkan Bangsa

"Ini tidak mengurangi substansi silaturahmi, hanya syiarnya saja yang berkurang," ujarnya.

Lebih lanjut, Ma'ruf mengatakan di tengah ancaman covid-19, Islam memberi kemudahan bagi pemeluknya untuk beribadah dan bersilaturahmi tergantung situasi yang dihadapi. Maka dari itu, ia meminta umat Islam menyadari pentingnya nilai agama ketimbang memaksakan kehendak di saat situasi sulit saat ini.

"Agama telah memberikan jalan. Kalau maksa itu bukan agama, itu namanya nafsu. Situasi bahaya masih terus, itu nafsu. Agama tidak mengajarkan itu, agama juga mengajarkan kemudahan," kata Ma'ruf.

Selain adanya fatwa dari MUI dan tokoh agama, Ma'ruf mengatakan pemerintah juga tidak akan mengendorkan untuk memberi peringatan bagi masyarakat bahwa masih ada ancaman saat perayaan Idul Fitri nantinya. (OL-7)

Baca Juga

dok.lp31.co.id

LP3I Gelar Temple of Learning Summit 2021

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 08:19 WIB
TEMPLE of Learning Summit (TOLS) digelar untuk membuka akses pendidikan vokasi sebesar-besarnya pada...
halodoc.com

Ini Penyebab Mata Ikan dan Cara Menghilangkannya

👤Febby Saraswati 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 06:15 WIB
Mata ikan adalah lapisan tebal dan mengeras pada kulit yang disebabkan oleh gesekan dan tekanan. Mata ikan paling sering terjadi di bagian...
DOK BKKBN

Bergerak Bersama Menangani Stunting

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 06:00 WIB
Dia menjelaskan dalam perkembangan penanganan stunting, pemerintah sebenarnya sudah banyak melakukan upaya menurunkan angka stunting sejak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya