Minggu 10 Mei 2020, 13:31 WIB

IDI Usulkan Penerapan PSBB Sampai Tingkat Desa

Atalya Puspa | Humaniora
IDI Usulkan Penerapan PSBB Sampai Tingkat Desa

Antara/Yulius Satria
Spanduk karantina wilayah di Kampung Cikempong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

IKATAN Dokter Indonesia (IDI) berpendapat pemerintah harus terus menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran covid-19.

Ketua PB IDI, Daeng Mohammad Faqih, mengusulkan pelaksanaan PSBB hingga komunitas terkecil untuk mencapai hasil maksimal. Dalam hal ini, kebijakan itu harus ditegakkan di tingkat desa sampai RT/RW.

"Beberapa daerah sudah menuju ke arah situ. Ini kalau dijalankan, saya lihat sangat efektif. Karena semakin kecil jumlah yang diawasi dan semakin banyak pengawas, itu akan makin mudah dilakukan," ujar Daeng dalam diskusi virtual, Minggu (10/5).

Baca juga: Soal Pelonggaran PSBB, Wapres Minta Publik Jangan Salah Tafsir

Daeng menuturkan terdapat tiga langkah yang bisa dilakukan agar PSBB di desa dan RT/RW dapat berjalan maksimal. Pertama, setiap desa maupun RT/RW memiliki pos jaga untuk memantau mobilitas penduduk.

Kedua, masyarakat bisa menyediakan tempat untuk karantina pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP). Misalnya, dengan memanfaatkan gedung sekolah. Tujuannya untuk mempermudah pengawasan dan observasi.

"Ketiga, semua aparat desa, tenaga kesehatan, itu membantu melakukan. Saya yakin dengan kebijakan apapun yang diambil di pusat, ini akan mendorong PSBB lebih efektif," tandasnya. (OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Perempuan Tanah Jahanam Borong Piala Citra 2020

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 23:15 WIB
Film Perempuan Tanah Jahanam mampu meraih enam Piala Citra dari enam kategori dan masuk di 17 nominasi kategori yang merupakan rekor...
 MI/Bagus Suryo

Merasa sudah Jaga Diri, Menaker Terkejut Positif Covid-19

👤 Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:19 WIB
Setelah dinyatakan positif covid-19, Ida memerintahkan kepada seluruh staf Kemenaker untuk melakukan PCR...
DOK Kemenparekraf

Kuliner Tradisional Bali Citarasa Menggugah

👤Ahmad Maulana 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 21:17 WIB
Secara mendasar penduduk setempat terbiasa menghidangkan makanan dengan basa gede atau bumbu Bali yang pedas sehingga rasa masakan menjadi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya