Kamis 16 April 2020, 11:42 WIB

Ada Pandemi, Luhut: Pengembangan Danau Toba Jalan Terus

Hilda Julaika | Humaniora
Ada Pandemi, Luhut: Pengembangan Danau Toba Jalan Terus

Antara/Septianda Perdana
Menko Bidang Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, mendampingi Raja-Ratu Belanda yang mengunjungi Danau Toba, Sumatra Utara.

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menekankan agar pengembangan Desa Wisata di Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba tetap dikerjakan.

Menurutnya, koordinasi tiap kementerian/lembaga harus dilakukan, meski terdapat kebijakan physical distancing di tengah pandemi virus korona (covid-19).

Baca juga: Penataan Kawasan Danau Toba Tahap Awal Selesai Juni 2020

“Sekarang kita tinggal bahas siapa berbuat apa, time table, berapa dana yang dihabiskan. Juli kita mulai bekerja, kalau tidak bisa kita mundur sebulan. Kemudian, kita membagi pekerjaan kepada kementerian/lembaga terkait agar terintegrasi,” pungkas Luhut dalam keterangan resmi, Kamis (16/4).

Lebih lanjut, Luhut menjelaskan tujuh kementerian akan bahu membahu untuk mendukung kesepakatan bersama. Misalnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mengejar penyelesaian master plan Desa Wisata dan pendampingan, serta pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat.

Kemudian, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi akan melakukan pendampingan pengelolaan Dana Desa untuk kebutuhan bersama. Serta, pendampingan pengelolaan BUMDES.

Baca juga: Luhut: Jangan Pakai Terminologi Lockdown!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan melakukan perbaikan akses jalan menuju dan di dalam kawasan desa. Berikut, perbaikan rumah masyarakat untuk dijadikan homestay, penataan kawasan permukiman dan pembangunan fasilitas pengolahan sampah.

“Sementara itu, Kementerian Perhubungan akan melaksanakan pembangunan dermaga dan halte pemberhentian bus air dan penyediaan angkutan wisatawan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan hingga BUMN seperti Pertamina, juga berperan. Pemda pun harus menerjemahkan dukungan dan keinginan kuat masyarakat setempat,” urai Luhut.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA/Dhemas Reviyanto

Dikti: Belum ada Kandidat Vaksin Merah Putih Masuk Uji Klinis 3

👤Suryani Wandari 🕔Minggu 06 Desember 2020, 09:05 WIB
Vaksin Merah Putih yang dikembangkan PTN dan lembaga riset saat ini belum ada yang memasuki uji klinis...
ANTARA/MUHAMMAD IQBAL

LIPI Optimalisasi Laboratorium untuk Deteksi Covid-19

👤Suryani Wandari 🕔Minggu 06 Desember 2020, 08:50 WIB
LIPI mengoptimalkan fasilitas laboratorium BSL-3 untuk mendeteksi sampel virus terduga...
Rommy Pujianto

Peran TNI AL di Tapal Batas Pulau Miangas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 06 Desember 2020, 08:00 WIB
TNI AL melaksanakan tiga fungsi. Antara lain fungsi penangkalan, penindakan, dan pemulihan terhadap segala ancaman yang mungkin terjadi di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya