Selasa 26 November 2019, 19:53 WIB

Menkominfo Paparkan Tata Kelola Internet RI di Berlin

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Menkominfo Paparkan Tata Kelola Internet RI di Berlin

Dok. kemenkominfo
Menkominfo Johnny G Plate di ajang Internet Governance Forum di Berlin, Jerman

 

MENTERI Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memaparkan keberhasilan Indonesia dalam tata kelola internet di ajang pertemuan rutin Internet Governance Forum (IGF) 2019 di Berlin, Jerman, 25-29 November 2019.

Paparan itu disampaikan Johnny pada sejumlah mata acara IGF 2019, seperti saat acara high level meeting yang dihadiri pejabat negara yang hadir di IGF dan saat menjadi pembicara di sesi diskusi yang membahas soal data, keamanan siber, dan pengelolaan internet.

Johnny mengatakan, Indonesia merupakan salah satu negara pengguna Internet terbesar di dunia, sekaligus juga berhasil menunjukkan diri sebagai salah satu kekuatan ekonomi digital baru dunia.

"Dengan partisipasi aktif netizen dalam tataran global, Indonesia memiliki banyak best practice dan success story pengelolaan internet, baik untuk kepentingan produktivitas seperti e-commerce, maupun untuk kepentingan leissure seperti penggunaan media sosial yang sangat marak,” tutur Johnny dalam keterangan tertulisnya.

Johnny menegaskan, semua pencapaian tersebut bukan hanya diraih karena jumlah penduduk yang tinggi, namun juga oleh berbagai strategi dan kebijakan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi berikut ekosistem dan industrinya.

Baca juga :  :Cegah Hoaks, Pengenalan Internet Harus dari Keluarga

"Semua pencapaian itu diraih dalam konteks pengembangan infrastruktur jaringan yang banyak menemui hambatan, terutama demografis, geografis, dan finansial. Semua pencapaian itu juga tak luput dari banyak permasalahan yang menjadi dampak dari derasnya arus informasi dan transformasi akibat internet dan digitalisasi,” lanjutnya.

Berdasarkan laporan dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), dari total populasi sebanyak 264 juta jiwa penduduk Indonesia, ada sebanyak 171,17 juta jiwa atau sekitar 64,8% yang sudah terhubung ke internet pada tahun 2018.

Dengan pengguna dan pasar sebesar itu, Indonesia juga menorehkan catatan rekor dalam perkembangan ekonomi digital. Portal berita bisnis forbes.com bahkan menyebut bahwa Indonesia merupakan macan ekonomi digital di Asia Tenggara berkat ukuran ekonomi digitalnya.

Internet Governance Forum (IGF) adalah sebuah forum tata kelola internet multistakeholder dari seluruh dunia yang terdiri dari berbagai profesi dan sektor yang terkait dengan dunia teknologi informasi dan komunikasi. Forum ini merupakan inisiatif Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam rangka mewujudkan tata kelola internet yang inklusif dan responsif.

Indonesia merupakan salah satu anggota dari IGF dengan pemangku kepentingan dari berbagai kalangan seperti dari pendidikan, bisnis, masyarakat sipil dan pemerintahan tergabung di dalamnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/PUSPA PERWITASAR

Pemerintah Jamin Hak Perempuan dan Anak dalam Konflik Sosial

👤Suryani Wandari 🕔Jumat 27 November 2020, 14:05 WIB
RAN P3AKS merupakan rujukan dalam menyusun dan melakukan kegiatan terkait pemberdayaan perempuan serta perlindungan anak dalam konteks...
ANTARA FOTO/Jojon

Menhub Apresiasi Kesiapsiagaan Basarnas di Tengah Pandemi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 27 November 2020, 14:03 WIB
Kemenhub mendukung Basarnas dalam kegiatan-kegiatan operasi...
ANTARA/ 	Fakhri Hermansyah

Ini Daftar Lengkap Dewan Pimpinan Harian MUI 2020-2025

👤Faustinus Nua 🕔Jumat 27 November 2020, 13:55 WIB
Sidang formatur tujuh belas orang yang berlangsung Jumat (27/11) pukul 00.00 sampai 01.30 di Hotel Sultan, Jakarta menetapkan Pimpinan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya