Selasa 09 Juli 2019, 21:50 WIB

Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Dinilai Nihil Masalah

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Dinilai Nihil Masalah

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir

 

MENTERI Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir, mengatakan evaluasi terhadap sistem penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi tetap terus dilakukan.

Menurutnya, ujian tulis berbasis komputer (UTBK) meminimalkan pergerakan massa karena pendaftar tidak perlu datang ke kampus seperti yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya.

"Dengan teknologi ini kita mengurangi pergerakan massa yang begitu besar. Ribuan yang mendaftar itu begitu besar belum yang mengantarkan," ujar Nasir di saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (7/9).

Menurutnya, sistem yang berjalan sekarang membuat calon pendaftar bisa mengukur kemampuan dirinya dalam mendaftar dan memilih lokasi perguruan tinggi. Di samping itu kompetisi yang terjadi bukan yang tidak sehat.


Baca juga: Universitas Brawijaya Paling Banyak Dipilih dalam SBMPTN


"Apakah sistem yang sekarang yang terbaik? Sepanjang sejarah yang ada di Indonesia dalam sistem penerimaan mahasiswa baru yang tidak pernah terjadi problem atau kecurangan baru kali ini," tegas Nasir.

Capaian ini, menurutnya, hasil dari pembelajaran tim pengkaji yang dikirim ke Amerika Serikat dan Swedia. Mereka mempelajari di negara-negara itu tentang sistem penerimaan mahasiswa baru.

Disebutkan jumlah prodi yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sebanyak 3.186. Ada 147 prodi baru, di antaranya prodi aktuaria di Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung. (OL-1)

Baca Juga

dok.humas BNI

BNI Salurkan Bantuan untuk Perawat dan Bidan di 17 Wilayah

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 23 Januari 2022, 07:55 WIB
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), memberikan bantuan kepada tenaga kesehatan di daerah - daerah yang jauh dari fasilitas...
MI/Adam Dwi

Program OSC Medcom.id Perluas Peluang Pelajar Dapatkan Beasiswa

👤Widhoroso 🕔Minggu 23 Januari 2022, 00:15 WIB
PROGRAM Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diyakini mampu melebarkan penyediaan beasiswa melalui kerja sama dengan lebih banyak...
MI/Susanto

Penerima Beasiswa OSC Medcom.id Dapat Prioritas Bergabung ke Media Group

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:55 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya