Rabu 03 Juli 2019, 16:20 WIB

Jemaah Diminta Minum Oralit Selama di Tanah Suci

Sri Utami | Humaniora
Jemaah Diminta Minum Oralit Selama di Tanah Suci

MI/Ade Alawi
Jemaah haji Indonesia

 

PARA jemaah haji diminta mengonsumsi cairan elekrolit yang ada dalam bubuk oralit selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci. Cuaca ekstrem yang terjadi di Arab Saudi akan sangat memengaruhi kondisi tubuh para jemaah, salah satunya cepat kehilangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Eka Jusup Singka mengatakan pihaknya menerapkan beberapa langkah antisipasi dalam menghadapi cuaca panas ekstrem.

"Langkah mengantisipasi cuaca panas antara lain hindari terik matahari langsung, gunakan payung, semprotan air dan semprotkan ke wajah dan  kulit, lalu minum sesering mungkin dan yang tidak kalah penting setiap malam minum oralit satu gelas," jelasnya.

Lima langkah antisipasi tersebut merupakan kebijakan dari Kemenkes termasuk memperkuat promosi kesehatan melalui media sosial dan memberdayakan tim penyuluhan di setiap kloter.

"Di setiap kloter disiapkan satu dokter yang siap setiap saat untuk melayani setiap jemaah sehingga cepat ditangani," imbuhnya.

Baca juga: Jemaah Gelombang Dua Tinggalkan Tanah Suci

Selain antisipasti cuaca, sambung Eka, setiap tahun Kemenkes berbagai obat-obatan. Tahun ini Kemenkes menyiapkan 70 ton obat-obatan berbagi jenis dan cairan yang dikirimkan ke Arab Saudi.

"Kami mengirimkan berbagai obat-obatan termasuk oralit juga disediakan. Tetapi diharapkan jemaah juga membawa sendiri," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh) Muharom Ahmad meminta para jemaah untuk tidak hanya sesering mungkin minum tapi juga mengonsumsi madu dan kurma. Madu dan kurma, menurutnya, dapat membantu daya tahan tubuh jemaah termasuk yang berusia lanjut serta memiliki penyakit khusus.

"Kami meminta jemaah untuk sesering mungkin minum air zamzam dan juga makan kurma serta madu. Karena itu baik untuk menjaga daya tahan tubuh jadi insyalAlah menjaga kondisi tubuh tetap fit meski pun berada pada cuaca ekstrem," tandasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Waspada Omikron, Satgas Ingatkan Kelompok Rentan Kurangi Interaksi

👤Ant 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:35 WIB
Menurut Kemenkes, hingga Kamis pagi total ada 882 kasus infeksi varian omikron di...
Dok. Okwifood

Kolaborasi dengan BRIN, Okwi Food SIap Bawa Cita Rasa Kuliner Indonesia Mendunia 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 23:33 WIB
Okwi Food yang dibesut oleh anak-anak muda Lampung, optimistis mampu mengambil peran sebagai pihak pengembang kuliner usaha mikro kecil...
Antara/Mohammad Hamzah

Anggaran Berkurang, Menko PMK Tegaskan Tetap Maksimal Tangani Masalah Stunting 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:53 WIB
“Presiden telah mendelegasikan wewenang sepenuhnya kepada BKKBN, jadi saat ini lebih pada peningkatan performa, bujet akan kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya