Rabu 03 Juli 2019, 10:08 WIB

40 Siswa SD Ikut Pelatihan Reporter Cilik Media Indonesia

Tosiani | Humaniora
40 Siswa SD Ikut Pelatihan Reporter Cilik Media Indonesia

MI/Basuki Eka Purnama
Para reporter cilik sedang mengikuti pelatihan di kantor Media Indonesia

 

SEBANYAK 40 siswa kelas 4 hingga 6 Sekolah Dasar (SD) dari sekitar Jakarta dan Bekasi mengikuti pelatihan reporter cilik (repcil) angkatan ke-14 di Media Indonesia, Rabu (3/7).

Kegiatan dengan tema 'Aku Anak Indonesia' ini berlangsung selama dari pukul 09.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Direktur Keuangan Media Indonesia Firdaus Dayat mengatakan kegiatan ini digelar untuk memberikan impian dan gambaran tentang profesi yang kemungkinan akan mereka geluti di masa depan.

"Karena kita dari media, kita mencoba mengenalkan profesi wartawan. Seperti bagaimana menulis dan melakukan wawancara. Juga bagaimana wartawan selama ini memiliki keberpihakan pada rakyat seperti yang sudah dilakukan para senior wartawan," kata Firdaus.

Sebelumnya, para reporter cilik telah melalui proses seleksi dari hasil tulisan yang mereka kirimkan ke Media Indonesia.

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Bertukar Pikiran dengan Media Group

Kemudian mereka akan dibina dari kecil mengenai dasar-dasar jurnalisme. Sehingga mereka punya dasar untuk menjadi wartawan dan bisa jadi penyiar tv karena mereka juga diberi bimbingan oleh jurnalia dari Metro TV.

"Wartawan itu kalau sudah menjadi profesi maka dunia terasa kecil. Wartawan bisa pergi ke mana saja. Bertemu pejabat, menteri, wawancara presiden, dan keliling dunia," ujar Firdaus.

Repcil angkatan sebelumnya, kata Firdaus, diajak melakukan wawancara dengan presiden dan para menteri.

MI

Untuk angkatan 14 ini, para repcil berkesempatan melakukan wawancara dengan Menteri Kesehatan. Hasilnya akan ditulis dan diterbitkan di halaman Media Anak, Media Indonesia yang terbit tiap Minggu.

Firdaus menambahkan, akhir-akhir ini, jika berita tidak dikelola secara bertanggung jawab, dampaknya akan sangat besar pada masyarakat.

Penyebaran hoaks merajalela dan merusak sendi-sendi kehidupan. Karena itu, penting mendidik anak sejak kecil untuk membuat, menyalurkan berita dengan benar. Dengan demikian berita hoaks akan berkurang.

Jurnalis dari Media Indonesia, Bintang Krisanti, mengenalkan berbagai jenis sebutan untuk pewarta. Di antaranya reporter, jurnalis dan wartawan. Ia juga mengenalkan berbagai jenis tulisan dan cara menggali informasi dengan teknik wawancara.

Ia menyontohkan jika akan menulis aktivitas di kebun binatang bisa dilakukan dengan wawancara pelatih binatang. Juga bila akan menulis berita lima hoby Andrew bisa dimulai dengan wawancara. Kemudian mengamati apa yang sering dilakukan dengan narasumber.

"Misalnya Andrew suka main game atau gemar membawa buku, ini bisa didapat dari melakukan pengamatan. Kita mengamati itu selain melihat dan menulis juga memotret," kata Bintang.

Bintang meminta agar para repcil jangan malu bertanya. Selama pertanyaan itu bukan untuk menghina atau menyinggung orang lain maka tidak apa-apa ditanyakan. Juga jangan membawa pulang keragu-raguan agar jangan sampai salah menulis.

Ria, salah seorang Peserta menambahkan, cara mendapatkan informasi bisa juga dilakukan dengan membaca referensi dan mencarinya di internet. (OL-2)

 

Baca Juga

dok.ist

Raih Rekor MURI, Puspotdirga Kibarkan Bendera Merah Putih di 30 Kota

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 08:01 WIB
PUSAT Potensi Kedirgantaraan TNI Angkatan Udara (Puspotdirga)  menyekenggarakan terbang paramotor  membawa bendera merah putih...
MI/FATHURROZAK

Ingin Tembus Pasar Global

👤Jek/M-4 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:45 WIB
SALAH satu yang menjadi harapan dengan hadirnya Kraf Studio bagi Dian Kurnia Arismawan ialah bisa memberikan pilihan bagi para orangtua...
Dok. Kraf Studio

Mengemas Kardus Bekas Jadi Berkelas

👤Fathurrozak 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 07:30 WIB
Bermula dari kegiatan sekolah anaknya, kini Dian Kurnia Arismawan punya sumber pemasukan baru. Melalui tangan terampilnya, ia membuat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya