Senin 04 Februari 2019, 20:18 WIB

Jumlah Titik Panas di Lahan Gambut Terestorasi Menurun

Antara | Humaniora
Jumlah Titik Panas di Lahan Gambut Terestorasi Menurun

Rudi Kurniawansyah /MI

 

BADAN Restorasi Gambut (BRG) mengklaim titik panas di lahan gambut yang telah direstorasi menurun drastis dalam radius 2 km dari titik yang telah dibangun infrastrutur pembasahan.

"Analisis kami menunjukkan pembasahan yang kami lakukan berupa sekat kanal dan sumur bor di Riau, membuat jumlah titik apinya menurun drastis.  Sampai 2 km dari titik yang telah dibangun infrastruktur, yang dilakukan pembasahan gambut," kata Kepala BRG Nazir Foead dalam kunjungannya di Siak, Kepualauan Riau, Senin (4/2).

Hal tersebut kata dia membuktikan bahwa masyarakat yang membangun sekat kanal juga ikut menjaga gambut. Jika gambut kering masyarakat turut ikut membasahi dan sebaliknya juga berpartisipasi mengurangi resiko kebakaran.

Meski begitu dikatakannya bahwa untuk wilayah di luar restorasi gambut 2 km memang masih banyak titik api dengan perbandingan  satu berbanding sepuluh.

Baca juga: BRG Pulihkan 679.901 Hektare Lahan Gambut di Luar Konsesi

BRG melakukan Pembangunan infrastruktur Pembasahan Gambut (PIPG)  di tujuh  kabupaten/kota, di Provinsi Riau. Selama 2018 telah dibangun  325 sumur bor dan 815 sekat kanal. BRG juga melakukan revegetasi pada 120 hektare dan revitalisasi sosial ekonomi untuk 37 paket.

Selain kegiatan restorasi, pihaknya juga memberikan penyuluhan kepada petani maupun masyarakat dalam hal pengelolaan lahan gambut, seperti pengenalan teknologi "Aero-Hydro Culture" di sejumlah lahan gambut di Kabupaten Siak yang tujuannya untuk menjaga agar tanah tersebut tetap basah.

"Sudah banyak pilihan teknologi yang sudah dikembangkan di Indonesia di beberapa tempat untuk meningkatkan produktivitas tanaman masyarakat di lahan gambut agar lahannya tetap basah. Pemupukan juga bisa berkurang dengan teknologi ini," ungkapnya. (OL-7)

Baca Juga

Dok. ITB

Kesiapan Menghadapi Tsunami Berbasiskan Sains dan Seni

👤Dr Ir Endra Gunawan ST, MSc Kelompok Keahlian Geofi sika Global Institut Teknologi Bandung 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 07:30 WIB
Kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam upaya pengurangan risiko bencana (PRB) gempa dan tsunami serta membangun...
dok.ist

SDG Santuni Anak Yatim dan Difabel di 49 Kabupaten/Kota

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 06:15 WIB
 RELAWAN Santri Dukung Ganjar (SDG) secara serentak di 15 wilayah Indonesia yang tersebar di 49 kabupaten dan kota dengan total 1500...
shutterstock

Negara Juga Berperan Mendukung Program ASI Eksklusif

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 04:15 WIB
Selain ruang laktasi, pemberian cuti melahirkan juga masih menjadi masalah dalam optimalisasi pemberian...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya