Kamis 06 Desember 2018, 17:30 WIB

Mau Hindari Hoaks Kesehatan? Gunakan Aplikasi FKUI Ini

Indriyani Astuti | Humaniora
Mau Hindari Hoaks Kesehatan? Gunakan Aplikasi FKUI Ini

ist

 

MARAKNYA  informasi yang tidak benar (hoaks) tentang kesehatan, membuat Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof Dr Ari Fahrial Syams meluncurkan aplikasi "Apa Kata Dokter". Aplikasi ini lain menyajikan informasi seputar kesehatan, tips, penyakit yang tengah ramai dibahas dan bertanya pada dokter.

Aplikasi "Apa Kata Dokter" dapat diunduh di telepon genggam berbasis android secara gratis. Di dalamnya ada informasi terkait promosi kesehatan, publikasi berita tentang kesehatan dan fitur kirim pesan yang berfungsi sebagai saluran tanya jawab antara pengguna dan dokter.

"Sebagian besar informasi mengenai kesehatan itu hoaks dan mendominasi informasi yang ada di masyarakat. Ada pasien-pasien yang datang karena termakan isu hoaks tersebut," kata Ari seusai seminar awam tentang kanker usus besar sekaligus rilis aplikasi tersebut di Gedung FKUI, Salemba, Jakarta, Kamis (6/12).

Melalui aplikasi itu, Ari berharap masyarakat bisa tahu sumber informasi yang bisa dijadikan acuan. Pasalnya tidak sedikit yang sakit akibat mencoba-coba tips atau informasi kesehatan tanpa mengonfirmasi sumbernya.

"Dari media sosial, kalau tidak disebutkan sumbernya, sebaiknya diragukan. Kita meminimalkan keresahan tersebut melalui aplikasi-aplikasi berbasis kesehatan," tuturnya.

Menurut dia, sudah saatnya para dokter mengembangkan aplikasi kesehatan. Pasalnya, distribusi tenaga kesehatan yang ada di Indonesia belum mencakup seluruh penduduk sehingga penggunaan internet dapat membantu memenuhi kebutuhan publik akan informasi kesehatan. (X-11)

Baca Juga

Antara

Menkominfo Ingatkan Jangan Abai Terapkan Prokes

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:53 WIB
Tingkat kepatuhan protokol kesehatan mengalami penurunan, terutama menjaga jarak dan menghindari...
AFP

Kemenkes Pastikan Bantuan Logistik Penanganan Erupsi Semeru Terus Berjalan

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:48 WIB
Untuk fasilitas kesehatan, Kemenkes telah menyiapkan empat pos...
ANTARA/Feru Lantara

Universitas Pancasila Resmikan Rumah Ibadah Agama Budha Vihara

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:44 WIB
Diharapkan ke depannya muncul toleransi dan saling menghargai diantara sesasama pemeluk agama yang ada didalam kampus Univesitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya