Kamis 08 Juni 2023, 21:27 WIB

Transformers: Rise of The Beasts, Dunia Transformer tanpa Michael Bay

Fathrurrozak | Hiburan
Transformers: Rise of The Beasts, Dunia Transformer tanpa Michael Bay

Ist
Transformers: Rise of the Beasts

 

HINGGA seri kelima waralaba Transformers, tidak bisa dipisahkan dari sosok sang sutradara Michael Bay. Begitu juga sebaliknya. Menyebut Bay, juga akan lekat dengan waralaba film robot tersebut. Sejak 2007 hingga 2017 Bay memang telah berhasil membangun fan dari waralaba film ini.

Lalu pada 2018, film Bumblebee disutradarai oleh Travis Knight. Waralaba terbarunya, Transformers: Rise of The Beasts kembali bukan Bay yang mengarahkan. Kali ini ada nama Steven Capel Jr (Creed II) yang dipercaya sebagai sutradara.

Rise of The Beasts mengambil latar pada 1994 ketika Autobots bergabung dengan Maximal, para pendahulu mereka, untuk menyelamatkan sebuah kunci yang terancam jatuh ke tangan kekuatan jahat Unicron. Seteru antara ‘robot baik’ vs ‘robot jahat’ yang telah berlangsung selama berabad-abad itu kembali muncul dan kini turut mengancam keberlangsungan planet Bumi.

Baca juga : Baim Wong Batal Naik Haji Padahal Sudah di Pesawat. Prank Atau Bukan?

Di film terbarunya ini, banyak karakter baru yang diperkenalkan. Termasuk karakter-karakter robot pra-sejarah era Maximal hingga karakter manusia yang turut membantu misi Autobots.

Dengan latar era 90-an, bangunan dunia yang diciptakan lewat kultur hip hop dan analog dimunculkan lewat dunia Noah Diaz (Anthony Ramos), mantan prajurit AS, yang tengah berjuang mencari pekerjaan dan membantu penghidupan keluarganya. Noah kemudian bertemu dengan peneliti magang museum arkeologi Ellena (Dominique Fishback) yang menemukan kunci sakral Autobots. 

Baca juga : Film The Crowded Room Kuras Energi Tom Holland

Kunci tersebut, jika jatuh ke tangan Unicron, akan mengancam keberlangsungan hidup seluruh planet. Sebab dengan kunci itu Unicron bisa melintas ruang dan waktu. Sementara, kunci itu juga dibutuhkan Optimus Prime dan kawan-kawan untuk kembali ke asal mereka. Sementara pendahulu Optimus Prime, Maximal, memiliki misi untuk tetap menjaga kunci tersebut dari Unicron, apa pun risikonya.

Dengan plot tersebut, Caple Jr mengarahkan pertarungan antara robot sepanjang film sebagai duel brutal dan besar. Secara eksplisit Rise of The Beasts memang memiliki kemasan sebagai film aksi laga robot yang juga memiliki referensi pada film-film pahlawan super. Seperti ketika dalam adegan Autobots dan Maximal akhirnya bersatu, mengingatkan pada rujukan adegan Endgame-ish; “Avenger Assemble!”

Tapi Caple Jr juga memberikan dimensi karakterisasi baik pada karakter manusianya maupun robotnya. Membuat sentuhan manusiawi di tengah ledakan-ledakan dan duel besar. Pada karakter Noah, misalnya, ia memiliki motivasi untuk bisa melindungi keluarganya, dengan kondisi adiknya yang membutuhkan pengobatan. Sehingga dengan cara apa pun ia harus mencari uang.

Sementara Optimus Prime (disulih suara Peter Cullen), dengan karakterisasi ketegasannya juga diberikan sisi sentimental rindu pada kampung halaman. Caple Jr juga memberikan relaksasi dengan memanusiawikan robot lewat karakter Mirage (Pete Davidson), yang lebih rileks, konyol, dan komikal. Mirage mungkin lebih dekat dengan karakter Bumblebee yang pada seri sebelumnya juga menjadi Autobots yang memiliki kedekatan pada manusia.

Caple Jr memberikan warna baru pada waralaba Transformers lewat penceritaan baru yang membuka dunia menjadi lebih luas lagi. Melacak akar masa lalu Autobots lewat masa pra-sejarah hingga menariknya ke dunia modern.

Media Indonesia menonton Transformers: Rise of The Beasts dalam sesi pemutaran khusus pada Selasa, (6/6). Film Transformers: Rise of The Beasts sedang tayang di jaringan bioskop Indonesia. (Z-5)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Ist

WeTV Original Series Kompetitif di Pasar Lokal Indonesia dan Asia

👤Deri Dahuri 🕔Jumat 29 September 2023, 21:00 WIB
Dalam beberapa tahun terakhir, sebanyak 56 judul WeTV Original Series telah diproduksi untuk meramaikan pasar konten hiburan di Asia...
MI/HO

Rio Dewanto Masuk Nominasi Best Asian Actor, Sutradara: Aktingnya Sangat Memukau

👤Dinda Shabrina 🕔Jumat 29 September 2023, 16:15 WIB
Rio masuk nominasi Best Asian Actor atas perannya sebagai Angkasa dalam film Hari Ini Akan Kita Ceritakan...
Instagram @harrypotterfilm

11 Fakta Michael Gambon, Kepala Sekolah Penyihir di Film Harry Potter

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 29 September 2023, 14:45 WIB
BBC memasukkan Gambon ke dalam daftar 10 aktor berkarakter Inggris...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya