Selasa 13 September 2022, 14:30 WIB

Ini Macam-Macam Genre dalam Film

Mesakh Ananta Dachi | Hiburan
Ini Macam-Macam Genre dalam Film

ANTARA/Ahmad Subaidi
Pengunjung menyaksikan penayangan film pendek karya sineas lokal Lombok di bioskop CGV, Mataram, NTB.

 

FILM dapat dibagi dalam kelompok atau jenis tertentu berdasarkan cerita yang disampaikan dalam film, pembagian atau pengelompokan tersebut disebut juga dengan genre. 

Genre adalah jenis, tipe, atau kelompok sastra atas dasar bentuknya; ragam sastra. Yang berarti, genre tidak hanya ada pada film, namun terbuka untuk semua jenis sastra. 

Baca juga: Empat Hari, Penonton Miracle In Cell No 7 Raih Lebih dari 1 Juta Penonton

Genre penting dan harus ada dalam sebuah film, untuk menentukan arah cerita dan komponen karakter yang terdapat dalam film. Selain itu, genre dapat juga membantu para calon penonton untuk tetap menonton atau tidak menonton film tersebut. 

Genre film

Genre film mengalami banyak perkembangan dan pembaharuan. Hal ini tidak dan tidak bukan karena perkembangan industri film yang semakin pesat. 

Dengan bantuan Computer Cinematic Graphic (CGI), film yang hanya dapat tercipta di imajinasi, dapat divisualisasikan. Hal ini juga membantu perluasan genre, dimana, terdapat sebuah cerita atau karakter yang sepenuhnya berasal dari ciptaan CGI. Maka, berikut adalah pembagian genre film yang ada pada umumnya.

1. Genre Aksi

Genre aksi bercerita mengenai konfrontasi fisik antara tokoh, yang melibatkan aksi dalam filmnya. Film aksi merupakan salah satu genre yang populer dalam industri film karena menciptakan rasa tegang bagi para penontonnya.

2. Genre Drama

Genre ini menceritakan kisah dari sebuah tokoh yang dihadapkan pada sebuah masalah, dimana dia harus menyelesaikan masalah tersebut, dalam cerita, juga ditunjukkan hal yang dapat menciptakan rasa relevan bagi para penonton, karena genre drama pada umumnya dibuat berdasarkan kisah atau stereotip yang ada.

3. Genre Romantis

Sesuai namanya, genre romance menceritakan kisah cinta yang tercipta di antara para tokoh. Bagaimana cintanya dapat terbangun, dan bagaimana para tokoh menyelesaikan masalah yang ada, genre romance dapat membuat para penonton ikut bahagia atau sedih, tergantung pada akhir film yang dibuat.

4. Genre Komedi

Genre komedi menciptakan sebuah cerita yang lucu dan dapat membuat penonton tertawa. Dalam genre film ini, penonton dapat tertawa baik dari adegan tokoh, percakapan, atau alur ceritanya.

5. Genre Horor

Jika anda menginginkan film yang dapat menciptakan rasa takut, maka genre horor adalah pilihan yang tepat. Genre horor sering diasosiakan dengan kisah yang memiliki atau menceritakan tokoh dan pertemuannya dengan hantu, meskipun tidak selalu, namun hantu seringkali dapat menciptakan rasa takut bagi penonton.

6. Genre Animasi

Sesuai dengan namanya genre animasi berarti kisah dan tokoh yang terdapat dalam film, tidak bertindak sesuai dengan keinginan aktor dan artisnya. Adegan, latar, tokoh tercipta dari suatu animasi yang digambar oleh produser. 

7. Genre Dokumenter

Berbeda dengan genre lainnya, yang umumnya bersifat fiksi. Genre dokumenter menceritakan hal yang bersifat non fiksi, artinya, terdapat kisah yang nyata dan benar yang terjadi sebelumnya, dan di filmkan. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Film American Pie 5 Disutradarai Sujata Day

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 15:48 WIB
"American Pie" pertama dirilis pada tahun 1999 dengan sekuel berikutnya pada tahun 2001 sebelum dua spin-off"American...
Instagram @j.m

Foto Portofolio Jimin Habis Terjual di Weverse USA dan Global

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:48 WIB
Tidak peduli topik diskusinya, dia selalu muncul dalam percakapan. Jimin pun menjadi salah satu ikon K-Pop teratas yang kerap disebut-sebut...
Instagram @cjenmmovie

Tayang Perdana, Confidential Assignment: International Buat Penonton Tertawa Lepas

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 06:37 WIB
Dari awal film sampai selesai, tawa penonton dapat didengar di seluruh bioskop. Film bergenre action comedy ini mampu membuat penonton...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya