Senin 29 Mei 2023, 21:49 WIB

Zulkifli Dorong Ratifikasi Protokol Perdagangan Dalam Kerangka Kerja Sama dengan Cile

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Zulkifli Dorong Ratifikasi Protokol Perdagangan Dalam Kerangka Kerja Sama dengan Cile

Dok. kemendag
Pertemuan Mendag Zulkifli Hasan dengan Wakil Menteri Perdagangan Cile Claudia Sanhueza

 

MENTERI Perdagangan Zulkifli Hasan mengapresiasi implementasi Perjanjian Kemitraan  Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dan Cile (IC–CEPA) yang sudah berjalan baik. 

Ia pun mendorong agar proses ratifikasi protokol perdagangan jasa dalam skema IC–CEPA dapat diselesaikan tahun ini.

Hal tersebut disampaikan Zulkifli saat bertemu Wakil Menteri Perdagangan Cile Claudia Sanhueza, di sela pertemuan Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade (APEC MRT), Detroit, Amerika Serikat (AS).

Baca juga : Pertemuan Zulhas-Mendag Jepang Bahasa Peningkatan Perdagangan Hingga Investasi di IKN

“IC–CEPA telah memberi dampak positif berupa peningkatan tren perdagangan kedua negara sebesar 21,4 persen dalam lima tahun terakhir. Indonesia pun mendorong agar proses ratifikasi protokol perdagangan jasa IC–CEPA selesai sesuai target yaitu tahun ini. Saya meminta dukungan Ibu Wakil Menteri untuk terlaksananya Joint Commission Meeting pertama,” kata Zulkifli.

Zulkifli juga menyambut baik kerja sama halal antara Indonesia dan Cile. menurutnya, pemerintah Cile menjadi negara pertama yang menandatangani MoU Jamiman Produk Halal dengan Indonesia pada 9 Novemver 2022.

Baca juga : Zulkifli Hasan Ajak Mendag Kanada Percepat Penyelesaian Perundingan ICA–CEPA

Tak hanya itu, Claudia mengatakan, Cile berkeinginan mengembangkan kerja sama dengan Idnoensia di bidang mineral kritis (critical mineral)

Menanggapi hal itu Zulkifli Hasan mengatakan, kerja sama tersebut dapat terwujud bila sejalan dengan kebijakan hilirisasi di Indonesia terkait ekspor produk pertambangan bernilai tambah.

“Kami sampaikan bahwa Indonesia sangat memperhatikan potensi dan kerja sama di bidang pasar halal.  Kami harap nilai perdagangan produk halal antara Indonesia dan Cile dapat meningkat melalui kerja sama halal dan IC–CEPA yang sudah terjalin,” imbuhnya.

Pada 2022, total perdaganan Indonesia dan Cile tercatat sebesar US$584 juta. Ekspor Indonesia tercatat US$355 juta dan imporIndonesia USD 299 juta. Indonesia mencatatkan surplus US$125 juta. 

Sementara pada Januari—Maret 2023, total perdagangan Indonesia dan Cile tercatat sebesar USD 99,4 juta. Ekspor  Indonesia ke Cile mencapai US$57,1 juta dan impor  Indonesia dari Cile US$42,3 juta. Indonesia menghasilkan surplus US%14,8 juta.

Komotitas ekspor utama Indonesia ke Cile antara lain kendaraan bermotor, pupuk mineral atau kimia, alas kaki, mesin penggiling mineral, serta getah dan ekstrak saturan. Sementara itu komoditas impor utama Indonesia dari Cile antara lain tembaga, anggur, bubur kayu, ikan beku, dan pupuk mineral atau kimia. (RO/Z-5)

Baca Juga

Antara

Imbal Hasil Tinggi AS Picu Potensi Penambahan Beban untuk Indonesia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 27 September 2023, 23:35 WIB
TINGGINYA imbal hasil (yield) obligasi Amerika Serikat (US Treasury) berpotensi menambah beban biaya bagi Indonesia di pasar portofolio...
Ist

Ninja Xpress Bantu Pelaku UKM Kuasai Pasar Lokal Hingga Global

👤Media Indonesia 🕔Rabu 27 September 2023, 23:23 WIB
Ninja Xpress menghadirkan beberapa inisiatif yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada UKM agar dapat mengembangkan bisnis mereka...
AFP/Bay ISMOYO

Erick Thohir Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Industri Digital

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Rabu 27 September 2023, 23:20 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir melakukan aksi konkret untuk mentransformasi Indonesia menuju kemajuan. Salah satu yang dilakukan menghadirkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya