Rabu 01 Februari 2023, 13:46 WIB

Alasan Setop Ekspor Bauksit Mentah, Untuk dapat Nilai Tambah 194 Kali

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Alasan Setop Ekspor Bauksit Mentah, Untuk dapat Nilai Tambah 194 Kali

ANTARA FOTO/Sigid K
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo membeberkan alasan pemerintah menutup pintu ekspor bauksit mentah. Langkah tersebut dilakukan demi memperoleh nilai tambah yang diperkirakan bisa mencapai 194 kali lipat.

Saat ini, Indonesia merupakan pengekspor terbesar nomor tiga untuk komoditas bauksit mentah atau ore. Ironisnya, Indonesia hanya berada di peringkat 33 dalam hal penjualan aluminium yang merupakan produk turunan dari bauksit.

"Kenapa kita setop bauksit? Indonesia ini ekspor bahan mentah bauksit, orenya, itu nomor tiga di dunia. Tapi alumininum kita nomor 33. Mentahnya nomor tiga tapi kok barang setengah jadinya, barang jadinya nomor 33?" ujar Jokowi di Mandiri Investment Forum 2023 di Jakarta, Rabu (1/2).

Hal serupa juga terjadi pada ekspor panel surya. Indonesia hanya menjadi pengekspor nomor 31 untuk produk yang berbahan dasar aluminium itu.

Baca juga: Ekonom Senior Dukung Jokowi Stop Ekspor Nikel-Bauksit

Buruknya kinerja tersebut pun sangat disayangkan Jokowi. Pasalnya, pelaku usaha bisa memperoleh nilai tambah sampai 194 kali lipat jika menjual panel surya ketimbang hanya bauksit mentah.

"Panel surya itu kita ekspor nomor 31, padahal bahannya ada di sini. Kalau kita kerjakan panel surya, nilai tambahnya sampai 194 kali," tuturnya.

Ia mengaku tidak heran mengapa kebijakan hilirisasi yang bisa menghasilkan uang lebih besar tidak dilakukan sejak lama. Menurutnya, meski menjanjikan, itu membutuhkan modal yang besar di awal serta upaya yang rumit dalam membangun industri hilir.

"Kita terlalu nyaman dengan ekspor mentahan karena memang itu paling cepat dapet duitnya dan tidak pusing mikirnya. Tinggal gali, kirim, gali, kirim. Tidak mau berpikir. Memang mengindustrikan itu pusing kita tapi nilai tambahnya ratusan kali," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist/Pertamina

Pertamina Siap Kembangkan Pusat Riset Energi Berkelanjutan di IKN 

👤Media Indonesia 🕔Jumat 22 September 2023, 22:52 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati mengungkapan, pengembangan kawasan Pertamina Sustainable Energy Center berada dalam Wilayah Perencanaan 5...
Antara

Menhub: November, Bandara VVIP di IKN Mulai Konstruksi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 September 2023, 22:33 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan pembangunan Bandara VVIP di IKN Nusantara mulai November 2023. Lokasi pembangunan bandara VVIP di ibu...
DOK IST

Polemik Tiktok Shop, Dukungan Mengalir untuk Rencana Revisi Permendag

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 22 September 2023, 22:08 WIB
Munculnya Tiktok Shop diberitakan begitu membuat UMKM sangat terpukul, bahkan tak sedikit yang gulung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

MI TV

  • Presiden PKS Buka-Bukaan Soal Pasangan Amin

    Berikut petikan wawancara khusus wartawan Media Indonesia Ahmad Punto, Henri Salomo, Akhmad Mustain, dan Rifaldi Putra Irianto di kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selengkapnya

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya