Kamis 26 Januari 2023, 06:05 WIB

Dibutuhkan Sinergi Perkuat Petani agar Ketahanan Pangan Tangguh

mediainodonesia.com | Ekonomi
Dibutuhkan Sinergi Perkuat Petani agar Ketahanan Pangan Tangguh

MI/Haryanto
Petani padi sedang membersihkan gulma/rumput liar di lahan sawahnya.

 

DIBUTUHKAN dukungan seluruh pihak untuk memperkuat petani. Sehingga, ujung tombak bidang agraria ini dapat berkontribusi penuh mewujudkan ketahanan pangan Indonesia di tengah krisis global.
 
Direktur Utama PT Insight Investments Management Ekiawan Heri Primaryanto menyebut salah satu dukungan dapat diberikan melalui kelengkapan infrastruktur. Pihaknya menyisihkan keuntungan perusahaan untuk membangun jembatan di wilayah lereng Gunung Bromo.
 
"Pembangunan jembatan permanen ini adalah salah satu bentuk realisasi kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar, terutama kehidupan para petani," ujar Ekiawan melalui keterangan tertulis, Kamis (26/1/2023).
 
Jembatan yang dibangun berada di Dusun Krajan, Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Menurut Ekiawan, jembatan itu masi berupa bangunan semi permanen dari bambu dan kayu.

Setiap tahun, jembatan itu mesti diperbaiki oleh petani sekitar akibat keropos dan banjir. Jika tak diperbaiki, aktivitas petani seperti mengangkut hasil kebun menjadi terganggu.
 
"Harapannya, dengan dibangunnya jembatan permanen ini dapat membantu para petani semakin produktif dan dapat meningkatkan taraf hidup para pertani," kata Ekiawan.
 
Pihaknya berupaya menyalurkan dukungan melalui banyak pihak yang berinvestasi di perusahaan tersebut. Sehingga, dapat memberikan dampak sosial sekaligus memperkuat ketahanan pangan Indonesia.
 
"Hal ini merupakan bagian dari program besar Insight yang ingin mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui perbaikan infrastuktur, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan juga kemandirian masyarakat di berbagai titik di Indonesia,” kata Ekiawan. (OL-13)

Baca Juga: Mentan SYL Sebut Sektor Pertanian Berkontribusi Besar Bagi ...

Baca Juga

MI/USMAN ISKANDAR

Kondisi Politik akan Menentukan Geliat Ekonomi

👤Ficky Ramadhan 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:38 WIB
Para pengusaha ataupun investor juga akan melihat dari track record calon Presiden tersebut untuk menjadi pertimbangan bagi para investor...
ANTARA

Kepemimpinan Kuat Erick Thohir Sedot Investor Besar Dari Luar Negeri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:23 WIB
BUAH kepemimpinan Erick Thohir tiga tahun menahkodai Kementerian BUMN menuai banyak hasil gemilang. Berkat kebijakan Erick Thohir, sejumlah...
Dok. Pribadi

Harga Freight Turun, Hiro Handelaar Indonesia: Kabar Baik Untuk Expor Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:58 WIB
"Kami bersyukur dampak ini baik untuk semua pihak. Pesanan untuk barang-barang di pabrik akan kembali naik. Para importir dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya