Rabu 28 Desember 2022, 06:24 WIB

Peningkatan Potensi Pasar Tradisional dengan Aplikasi KantongSayur 

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Peningkatan Potensi Pasar Tradisional dengan Aplikasi KantongSayur 

DOK Pribadi.
KantongSayur mulai masuk ekosistem pasar tradisional pertama kali pada Januari 2022 dan saat ini menjangkau Jakarta dan Tangerang Selatan.

 

BELANJA online kebutuhan sehari-hari menjadi kebiasaan bagi masyarakat modern, termasuk bahan pangan. Namun sering kali layanan belanja kebutuhan bahan pangan secara online tidak melibatkan pasar tradisional dalam rantai pasoknya sehingga para pedagang tidak ikut merasakan manfaatnya.

Aplikasi KantongSayur muncul dengan tujuan tidak hanya membuka akses berjualan secara online bagi pedagang pasar tradisional, tetapi juga merangkul para pedagang untuk meningkatkan usaha dan membuka diri bagi peluang baru di platform digital. Konsep online groceries pasar tradisional merupakan fase awal pengembangan KantongSayur menuju ekosistem digital pasar tradisional.

KantongSayur mulai masuk dalam ekosistem pasar tradisional pertama kali pada Januari 2022 dan saat ini menjangkau area Jakarta dan Tangerang Selatan. Strategi KantongSayur menempatkan Delivery Center dan representatif di dalam pasar terbukti dapat membangun hubungan yang lebih kuat dengan para pedagang dan mempermudah edukasi serta penerapan teknologi. Hal ini menjadi salah satu pembeda dan keunggulan KantongSayur.

"Perkembangan teknologi dapat menjadi sangat bermanfaat bagi UMKM secara umum dan bagi pedagang pasar tradisional secara khusus. Namun diperlukan pendampingan yang konsisten agar teknologi tersebut dapat diadopsi dan dirasakan manfaatnya secara optimal. Tim KantongSayur masuk ekosistem pasar, membangun hubungan dengan pedagang, dan menjadi bagian dari komunitas, sehingga dapat terlibat dalam proses adopsi teknologi tersebut," ungkap CEO KantongSayur, Johannes Leonardo, dalam keterangan tertulis, Senin (28/12).

Salah satu keunggulan lain KantongSayur ialah kualitas produk yang melalui multi layers quality control process. KantongSayur percaya bahwa pasar tradisional merupakan salah satu sumber pasokan produk bahan pangan dengan kualitas terbaik. Banyak pedagang pasar yang sudah menjalankan usahanya bertahun-tahun dan memiliki pemahaman yang sangat baik akan kualitas bahan pangan yang akan mereka jual di lapak mereka. Ditambah tim KantongSayur dalam pasar yang membelanjakan dan ikut memastikan kualitas pesanan para pengguna, kepuasan pelanggan pun terjamin. Faktor penting lain ialah kebanyakan dari produk pasar tradisional didatangkan baru setiap hari, sehingga kesegaran produk tidak perlu diragukan.

Dari sisi permintaan, online groceries masih menjadi pilihan bagi kenyamanan rumah tangga. Pascapandemi, banyak yang sudah terbiasa melakukan belanja online dan belum semua kembali ke belanja offline, bahkan banyak yang percaya belanja offline tidak akan sepenuhnya kembali seperti dulu. Tuntutan kesibukan yang berbeda dari sebelumnya membuat online groceries semakin terasa manfaatnya. 

Hal lain yang perlu diamati ialah karakteristik keluarga muda masa kini. Banyak anak muda yang sangat jarang atau belum pernah ke pasar tradisional sebelumnya. Setelah mandiri dan menikah, mereka memiliki tanggung jawab untuk menyediakan makanan di meja makan bagi keluarga mereka. Berbelanja bahan pangan menjadi hal rutin dan harga akan menjadi salah satu pertimbangan utama. Dengan demikian, belanja dengan harga pasar tanpa harus ke pasar menjadi alternatif ideal bagi mereka, KantongSayur hadir menjadi solusi. Pembayaran belanja di aplikasi KantongSayur pun sepenuhnya menggunakan cara bayar nontunai sesuai dengan preferensi keluarga muda masa kini.

"Dengan membantu pedagang pasar tradisional dalam adopsi teknologi digital, Kantongsayur menjadi kepingan puzzle penting dan dapat bersinergi dengan teman-teman platform lain untuk membentuk ekosistem digital pasokan bahan pangan yang komplit di Indonesia," imbuh Johannes. Aplikasi KantongSayur dapat diunduh oleh pengguna Android dan iOS. Para pengguna baru pun dapat langsung menikmati promo dan penawaran khusus yang hanya ada di aplikasi. (OL-14)

Baca Juga

dok.Ist

Workshop Scalling UP, SMKPPN Tempa Calon Wirausaha Muda Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 23:01 WIB
BADAN Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan bersama Internasional Fund for Agricultural Development (IFAD) gencar...
DOK pribadi.

Akselerasi Pebisnis Kuliner Bandung, ESB Hadir di BIFHEX 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:08 WIB
ESB menghadirkan teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis kuliner F&B, baik restoran, cloud kitchen, warung...
Dok MI

Industri Layanan Pernikahan Berpotensi Menjadi Panggung Bisnis

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 21:01 WIB
Industri pernikahan berpotensi menjadi panggung bisnis, mengingat tingginya angka pernikahan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya