Senin 14 November 2022, 15:31 WIB

KKP Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Sebagai Bahan Pangan Dengan Protein Tinggi

Ficky Ramadhan | Ekonomi
KKP Ajak Masyarakat Konsumsi Ikan Sebagai Bahan Pangan Dengan Protein Tinggi

Antara
Pekerja membongkar ikan untuk dijual di pelabuhan ikan Karangsong, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (5/7).

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) akan kembali menyelenggarakan peringatan Hari Ikan Nasional yang ke-9 (Harkannas). Pada tahun ini, puncak dari Harkannas tersebut akan berlangsung di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah pada 19-21 November 2022 mendatang.

Peringatan Harkannas tahun ini merupakan bentuk upaya KKP dalam memberikan penyadartahuan kepada masyarakat bahwa ikan dapat menjadi salah satu solusi dalam penanganan permasalahan gizi bagi masyarakat.

Direktur Pemasaran Ditjen Daya Saing Produk Kelautan & Perikanan KKP Erwin Dwiyana mengatakan, dalam peringatan Harkannas ini, KKP akan terus melakukan penyadaran kepada masyarakat terkait akan pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang memiliki protein tinggi dan juga menyehatkan.

"Tentunya kita ingin sama-sama menggaungkan bahwa ikan ini menjadi bagian sumber bahan pangan yang sangat penting dan juga memiliki kelebihan dalam membantu penanganan stunting," ujar Erwin dalam kegiatan Bincang Bahari, Senin (14/11).

Selain membantu penanganan stunting, Erwin menjelaskan, mengonsumsi ikan juga dapat memberikan ketahanan tubuh yang sangat baik, khususnya bagi generasi muda.

"Mengonsumsi ikan juga dapat memperkuat ketahanan masyarakat dari sisi ketahanan tubuh, dan khususnya bagi generasi muda yang akan menjadi calon-calon generasi dalam membangun Indonesia di masa mendatang," imbuhnya.

Dalam Peringatan Harkannas ini, KKP mengusung tema "Ikan menyehatkan dan mencerdaskan untuk generasi unggul". Dan diharapkan dengan tema tersebut, bahwa ikan dapat menjadi protein utama dalam menyehatkan para generasi unggul calon penerus bangsa.

Di sisi lain, peringatan Harkannas ini juga menjadi moment KKP dalam mendorong peningkatan Angka Konsumsi Ikan Nasional (AKI) dengan target 62,5 kg per kapita di 2024. Peningkatan AKI juga di tujukan untuk menurunkan stunting sekaligus upaya mewujudkan visi Indonesia emas 2045.

"Dengan terselenggaranya Harkannas ini, diharapkan ke depannya masyarakat dapat mengkonsumsi ikan lebih banyak untuk kebutuhan protein mereka, dan juga tentunya dapat menjadi sumber pangan bagi masyarakat," tuturnya. (E-3)

Baca Juga

Dok. BRINS

BRINS Sabet Dua Penghargaan di Top 20 Financial Institution Awards 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 12:06 WIB
Rating “Top 20 Lembaga Keuangan 2022” menggunakan angka pertumbuhan dan rasio-rasio keuangan penting di empat lembaga...
Ist

Damai Putra Peduli Beri Edukasi Digital kepada PKK dan UMKM di Kota Bekasi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 11:59 WIB
Program CSR yang dilakukan berupa kegiatan pemberdayaan edukasi masyarakat dengan tema Digital kepada kader PKK dan pelaku UMKM yang berada...
Dok Kementan

Panen Jagung di Kalsel, Mentan SYL Dorong Pertanian Jadi Penguat Ekonomi Negara

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 11:20 WIB
Menurutnya, panen ini merupakan bukti bahwa pertanian adalah solusi pasti sekaligus peluang besar dalam memperkuat ekonomi negara disaat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya