Jumat 23 September 2022, 18:10 WIB

Pemuda Katolik Dorong Penambahan Anggaran untuk BP2MI

Abdillah M Marzuqi | Ekonomi
Pemuda Katolik Dorong Penambahan Anggaran untuk BP2MI

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Tahun 2021. Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Stefanus Asat Gusma mengapresiasi capaian tersebut.

“Predikat WTP ini merupakan bukti bahwa selama ini BP2MI bekerja serius menyelesaikan berbagai persoalan yang sangat kompleks terkait pelindungan bagi pekerja migran Indonesia (PMI),” ujarnya.

Menurutnya, kinerja BP2MI layak diapresasi. Lembaga itu mampu membuktikan bahwa negara tidak absen dalam memberikan perlindungan pada pekerja migran.

“Kiprah dan langkah-langkah yang diambil BP2MI, kami sudah melihat secara langsung bagaimana bentuk perlakuan sebuah lembaga negara kepada pekerja migran yang notabene merupakan pahlawan devisa," tambahnya.

Meski demikian, Gusma mengungkap adanya persoalan dalam anggaran untuk BP2MI. Ia menilai alokasi anggaran BP2MI masih relatif kecil dibandingkan dengan cakupan tugas pokok fungsi dan tanggung jawab yang diemban BP2MI.

"Anggaran tahunan BP2MI selama ini kecil, jika dibandingkan dengan tugas dan tanggung jawab BP2MI menjaga dan melindungi pekerja migran Indonesia di seluruh dunia, apalagi dalam memerangi sindikasi PMI ilegal yang sangat masif," tegas Gusma.

Oleh karena itu, Pemuda Katolik mendorong agar pemerintah mengalokasikan anggaran yang lebih besar untuk BP2MI.

"Pemuda Katolik mendorong agar BP2MI mendapatkan penambahan anggaran, mengingat anggaran tahun 2021 hanya Rp316 miliar, tahun 2022 hanya Rp304 miliar, dan rata-rata BP2MI memperoleh anggaran sekitar Rp300 miliar per tahunnya," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Pengelolaan BUMN Jangan Hanya Berdasarkan Kompetensi, Tapi Juga Aspek Pencegahan Moral Hazard

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:54 WIB
pengelolaan BUMN pelat merah seperti PT Garuda Indonesia, Tbk tak cukup hanya bermodal kompetensi, tetapi juga harus bisa mencegah moral...
Dok. DPR RI

Komisi IX Minta Kejelasan Penyajian Data Tenaga Kerja Asing di Daerah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 09:47 WIB
Kejelasan data itu penting sebagai bagian dari pengawasan dan juga untuk evaluasi bersama terkait dengan berbagai macam keluhan yang...
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus K

BI Berupaya Kendalikan Inflasi

👤M Ilham Ramadhan A 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 07:23 WIB
"Kami terus terang sudah mempunyai proyeksi inflasi pascakenaikan BBM subsidi sampai akhir 2023. Kami melakukan tracking sesuai survei...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya