Senin 01 Agustus 2022, 07:56 WIB

Kinerja Keberlanjutan PT Cikarang Listrindo di Semester I-2022, Catat Laba AS$40,5 Juta

Mediaindonesia.com | Ekonomi
 

PT Cikarang Listrindo Tbk (IDX: POWR) (Perseroan) terus menjaga prospek bisnisnya yang berkelanjutan dengan menciptakan nilai tambah dan memberikan dampak positif dari setiap kegiatan bisnisnya. Pada 29 Juli 2022, Perseroan menyampaikan performa semester pertama 2022, yang kembali membuktikan Perseroan menjadi organisasi yang tahan uji di tengah masa pandemi dan fluktuasi global ini.

Dari segi operasional, Perseroan berhasil mempertahankan kinerja operasional yang andal dengan faktor ketersediaan sebesar 95% dan susut daya dalam jaringan distribusi dan transmisi yang sangat rendah di bawah 1%.

Daya tersambung pelanggan industri pada semester pertama 2022 meningkat 8,1 MVA dibandingkan akhir tahun 2021, mencatat daya tersambung tertinggi sebesar 1.189,6 MVA selama 29 tahun terakhir, dengan total 2.554 pelanggan industri. 

Peningkatan itu menjadi salah satu wujud kepercayaan dan optimisme yang tinggi dari pelaku industri terhadap prospek perekonomian di tahun 2022 dan ke depannya. 

Sampai dengan Juni 2022, Perseroan berhasil mencatatkan peningkatan penjualan bersih sebesar AS$268,2 juta meningkat dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar AS$257,7 juta. 

Perseroan mencatatkan laba periode berjalan sebesar AS$40,5 juta pada semester pertama 2022 atau mengalami sedikit peningkatan dari AS$40,3 juta pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Pada Juni 2022, Perseroan juga berhasil menjaga struktur permodalan melalui Rasio Leverage dan Rasio Kemampuan Membayar Biaya Tetap atau Fixed-Charge Coverage Ratio (“FCCR”), Rasio Leverage Perseroan tercatat sebesar 1,4x sedangkan FCCR Perseroan sebesar 7,2x, angka yang stabil dibandingkan akhir tahun 2021 yang sebesar 1,3x dan 7,1x. 

Baca juga : Panel Surya, Salah Satu Solusi Kunci Transisi Energi Bersih dan Berkelanjutan

Inisiatif keberlanjutan usaha PT Cikarang Listrindo Tbk (IDX: POWR) (Perseroan) terus berlanjut, dimana pada akhir Juni 2022, Perseroan berhasil menambah kapasitas terpasang PLTS Atap yang sudah berjalan aktif mencapai 6,8 MWp dari 3,2 MWp pada Desember 2021. Disamping itu sebesar 8,0 MWp PLTS Atap sedang dalam proses instalasi. 

Dengan target penambahan 10 MWp per tahun, Perseroan menargetkan kapasitas PLTS Atap akan mencapai lebih dari 20 MWp pada tahun 2022. Terhitung pada Juni 2022, atas PLTS Atap yang sudah berjalan aktif berhasil menghasilkan listrik ramah lingkungan sebesar 2.744 MWh kepada pelanggan Perseroan

Perseroan juga memiliki inisiatif energi terbarukan dengan memanfaatkan bahan bakar biomassa, seperti cangkang sawit dan serpihan kayu dalam pembangkitan listrik. Pada Juni 2022, Perseroan berhasil melakukan pembakaran 7,4 kTon biomassa yang telah menghasilkan listrik ramah lingkungan sebesar 11.341 MWh. Sehingga total listrik ramah lingkungan yang telah dihasikan sebesar 14.085 MWh atau setara dengan kontribusi terhadap pengurangan emisi sampai dengan 14 kTon CO2 atau setara dengan daya serap lebih dari 142 ribu pohon per tahun. 

Dalam membangun pemulihan yang tangguh, Cikarang Listrindo menempatkan pengelolaan lingkungan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari proses bisnis Perseroan dalam menyediakan tenaga listrik. Pengelolaan lingkungan dilakukan dengan memastikan operasional Perseroan tetap bersih, berkelanjutan serta dapat terus meningkatkan standar untuk memberikan manfaat positif tidak hanya bagi para pemangku kepentingan pada masa kini, tetapi juga untuk masa depan.

Cikarang Listrindo merupakan perusahaan listrik swasta pertama yang tercatat di Bursa Efek Indonesia sejak 2016. Perseroan juga merupakan perusahaan listrik swasta terlama di Indonesia yang mulai melayani pelanggan sejak 1993 dan sekarang melayani lebih dari 2.500 pelanggan industri di lima kawasan industri di daerah Cikarang dan juga memasok listrik kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) sejak 1996. 

Kapasitas Pembangkitan Perseroan sebesar 1.144 MW ditambah 6,8 MWp PLTS energi terbarukan per Juni 2022, membuat Perseroan sebagai salah satu perusahaan listrik berkapasitas terbesar di Indonesia. (RO/OL-7/

Baca Juga

Ist/Kementan

HA IPB dan Stakeholders Dukung Kementan Pertahankan Swasembada Beras

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:00 WIB
Indonesia telah mendapatkan penghargaan dari pusat penelitian beras dunia, IIRRI yang langsung diterima oleh Presiden RI atas...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Pembatasan Konsumsi BBM Bersubsidi Dinilai Lebih Tepat

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 20:40 WIB
Fahmy menambahkan, beban subsidi energi pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memang sudah terlampau...
Dok.super indo

Dukung Digitalisasi, Super Indo Hadirkan Aplikasi Belanja Online

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 18:20 WIB
Aplikasi itu diharap bisa membantu pelanggan untuk mendapatkan produk segar berkualitas dengan lebih mudah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya