Selasa 26 Juli 2022, 09:10 WIB

Menhub: Pembiayaan Proyek KPBU Pelabuhan Anggrek Gorontalo Diteken

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Menhub: Pembiayaan Proyek KPBU Pelabuhan Anggrek Gorontalo Diteken

ANTARA/Muhammad Iqbal
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan).

 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan, pengembangan tahap pertama Pelabuhan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) akan segera dimulai.

Pada Senin (25/7), telah dilakukan penandatanganan perjanjian kredit atau pembiayaan antara PT Anggrek Gorontalo Internasional Terminal (AGIT) selaku pengelola pelabuhan atau debitur, dengan PT Bank BNI (Persero) dan PT. Indonesia Infrastructure Finance selaku kreditur. “Kami ditugaskan mengajak swasta untuk mengembangkan pelabuhan. PT AGIT tepat untuk mengembangkan Pelabuhan Anggrek yang dibangun dengan konsep smart port," kata Menhub dalam keterangannya, Selasa (26/7).

Menhub menyampaikan apresiasi ke PT AGIT yang berkomitmen merealisasikan dan mengoperasikan proyek ini meski di tengah pandemi covid-19. Selain itu, Budi juga menyambut baik langkah PT. BNI (Persero) Tbk dan PT. Indonesia Infrastructure Finance yang bersedia memberikan pendanaan dalam proyek tersebut.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPR RI Rahmat Gobel berharap pembangunan pelabuhan yang memiliki potensi penyediaan logistik dan pangan ini, dapat menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi bagi Gorontalo. "Saya sampaikan terima kasih ke jajaran Kementerian Perhubungan dalam hal ini Ditjen Perhubungan Laut, sehingga pembangunan Pelabuhan Anggrek ini dapat terlaksana, " ujar Menhub.

Sementara itu, Direktur Utama AGIT Hiramsyah Sambudhy Thaib mengatakan, proyek ini memiliki tantangan tersendiri. Dengan skema KPBU, pengembalian dana investasi yang dikeluarkan tidak hanya tergantung pada efisiensi pengelolaan pelabuhan, tapi juga ditentukan dari perekonomian dan arus barang di Gorontalo. “Tantangan kami tidak sebatas mengelola pelabuhan saja, tapi bagaimana pelabuhan ini menjadi lokomotif untuk memperkuat perekonomian Gorontalo menjadi destinasi investasi yang menarik," ucapnya.

Pengelolaan Pelabuhan Anggrek dilaksanakan oleh PT AGIT selama kurun waktu 30 tahun, sesuai dengan Perjanjian KPBU Pelabuhan Anggrek antara Kementerian Perhubungan dengan PT. AGIT yang telah ditandatangani pada 2021 lalu.

Pada tahap pertama, pembangunan yang akan dilakukan antara lain, yakni perluasan dermaga, lapangan peti kemas (kontainer), kargo dan fasilitas pendukung lainnya. (OL-12)

 

Baca Juga

Antara

PLN Bisa Hemat Rp10 M dari Pembelian Listrik PLTM Pantan Cuaca Aceh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:49 WIB
PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Kabupaten Gayo Lues berkapasitas 4,5 MW dengan nilai investasi sebesar Rp 160...
Dok. BEBS

Jalin MoU Dengan WIKA, BEBS Akan Lakukan Pembangunan Infrastruktur di Azerbaijan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:32 WIB
Direktur Utama BEBS Hasan Muldhani mengungkapkan, rencana ekspansi usaha BEBS-WIKA tersebut dalam bentuk Kerja sama Operasi untuk...
ANTARA FOTO/DHemas Reviyanto

BUMN yang Sehat Beri Dampak Besar Bagi Negara dan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:45 WIB
"Sejak awal, kita berkomitmen melakukan transformasi menyeluruh dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya