Selasa 19 Juli 2022, 20:35 WIB

Event Olahraga Efektif Dipasarkan Melalui Digital Marketing

mediaindonesia.com | Ekonomi
 Event Olahraga Efektif Dipasarkan Melalui Digital Marketing

Ist
CEO AVOW Robert Wildner.

 

SAAT dunia mulai pulih dari wabah covid-19 yang pertama kali merebak pada tahun awal 2020, banyak pertandingan olahraga mulai didatangi banyak penonton dan menarik audiens dari seluruh dunia.

Pertandingan olahraga ditonton oleh masyarakat di seluruh dunia, seperti putaran final Euro 2020 yang berhasil menarik 31 juta penonton melalui layar televisi BBC dan ITV.

Berbagai pertandingan olahraga besar yang diadakan tahun ini, seperti FIFA World Cup, Wimbledon, UEFA Champions League Finals, dan sebagainya.

"Statistik ini memberikan informasi tentang pentingnya pertandingan olahraga dan bahwa pemasar harus memanfaatkannya untuk mengiklankan melalui aplikasi olahraga," kata CEO AVOW Robert Wildner dalam keterangan pers, Selasa (19/7). 

Perlu diketahui bahwa AVOW sendiri merupakan perusahaan pemasaran aplikasi global yang berfokus pada inventaris app store alternatif.

"Dengan begitu banyak audiens yang harus dijangkau, pemasar seluler memiliki banyak sekali peluang agar dapat unggul di pasar untuk menunjukkan dan mengiklankan melalui aplikasi olahraga," jelas Wildner.

"Yang pertama, mari kita evaluasi jumlah penonton dari berbagai pertandingan olahraga besar yang akan diadakan pada tahun 2022 di seluruh dunia," jelasnya. 

Baca juga: Digital Marketing Bantu Pelaku Usaha Tumbuh

Indian Premier League

Penjualan iklan IPL tahun ini telah melampaui  530 juta USD platform streaming seperti Disney+ Hotstar diharapkan dapat meningkatkan pendapatan iklan mereka sebesar 25% karena jumlah pertandingan yang diadakan di IPL 2022 juga meningkat sebesar 20%.

UEFA Champions League

Jumlah penonton putaran final Champions League pada tahun 2018 yang diadakan di Kiev, Ukraina, di seluruh dunia mencapai 380 juta orang.

"Sebaliknya, putaran final Champions League di tahun 2021 paling banyak ditonton dalam enam tahun terakhir dengan 700 juta penonton di seluruh dunia," kata Wildner.

Wimbledon

Tahun lalu, jumlah penonton final tunggal Wimbledon di akhir pekan mencapai puncak dengan 1.6 juta penonton untuk Ladies' Championship pada hari Sabtu dan 2.6 juta penonton untuk Gentlemen's Championship pada hari Minggu.

Tour de France

Pertandingan sepeda paling besar diadakan setiap tahun di musim panas di Prancis.

"Pada tahun 2021, pertandingan ini menarik audiens televisi sebanyak 150 juta  penonton di seluruh Eropa," ucap Wildner.

FIFA World Cup Turnamen yang diikuti oleh 32 tim akan untuk pertama kalinya diadakan di kawasan Timur Tengah tahun ini.

Menurut data audiens untuk liputan siaran resmi FIToFA World Cup 2018, sebanyak 3.572 miliar penonton.

" Lebih dari setengah penduduk global berusia empat tahun ke atas – menonton pertandingan sepak bola terbesar di dunia ini," jelasnya.

"Ini akan membantu pemasar seluler mengidentifikasi pertandingan yang paling relevan untuk menjangkau audience yang lebih baru dan lebih luas di Mobile OEM, agar mereka dapat meningkatkan jangkauan dan audiens untuk aplikasi olahraga," terang Wildner.

Perluas jangkauan dengan mobile OEM

Mobile OEM (Original Equipment Manufacturers) adalah produsen smartphone seperti  Xiaomi, Huawei Oppo, Vivo, dan Samsung yang memiliki pengguna global ekivalen dengan pangsa pasar global sebesar 48% per Desember 2021.

Mobile OEM memiliki app store sendiri untuk perangkat mereka, yang juga dikenal sebagai app store alternatif, dan menjual kembali inventaris mereka, sehingga pengembang dan pemasar aplikasi seluler dapat memanfaatkan basis pengguna mereka yang luas selama pertandingan olahraga puncak ini pada tahun 2022.

"Mobile OEM menyediakan aplikasi olahraga kepada miliaran audiens di seluruh dunia dan membantu pemasar seluler meraih target akuisisi pengguna aplikasi mereka," ujar Wildner.

Menurut Wildner, pertandingan olahraga menarik jutaan audiens setiap hari dan menjadi peluang yang sangat baik bagi pemasar aplikasi olahraga untuk menjangkau pasar dengan potensi yang luar biasa agar mereka bisa mendapatkan akses ke pengguna yang paling relevan dalam kategori mereka dengan mobile OEM dan mendorong tindakan pengguna di aplikasi mereka.

Kenapa pemasar aplikasi olahraga harus memanfaatkan pertandingan olahraga besar di tahun 2022 dengan semaksimal mungkin?

"Olahraga adalah bahasa universal yang menghubungkan semua pihak. Seluruh industri diuntungkan oleh revolusi smartphone di tingkat global," katanya.

Laporan PR Newswire menunjukkan bahwa pasar olahraga global diperkirakan akan bertumbuh dari $354,96 miliar pada tahun 2021 menjadi $501,43 miliar pada tahun 2022 dengan tingkat pertumbuhan tahunan majemuk (CAGR) sebesar 41,3%.

Statistik ini menunjukkan bahwa pemasar seluler memiliki peluang besar untuk mengakuisisi pengguna baru dan relevan bagi aplikasi olahraga mereka selama musim pertandingan olahraga.

"Pengguna aplikasi olahraga akan memberikan respons positif di tahun-tahun mendatang karena aplikasi olahraga di Google Play diperkirakan akan diunduh hampirsatu miliar kali pada tahun 2023," jelas Wildner. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Menko Airlangga Sebut Harga Pangan Relatif Stabil

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 14:20 WIB
Sinergi dari Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerag (TPID) terus diupayakan untuk mencapai...
dok.Ant

Erick Thohir Ungkap Tujuan Rights Issue Lima BUMN

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 14:15 WIB
MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal lima BUMN melalui...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bank Indonesia: Inflasi Tahun Ini akan Melebihi Batas Atas Sasaran

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 13:37 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bahwa inflasi 2022 diperkirakan akan melebih batas atas sasaran 3% plus minus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya