Sabtu 16 Juli 2022, 15:15 WIB

BI Perluas Kerja Sama dengan Bank Sentral India

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
BI Perluas Kerja Sama dengan Bank Sentral India

Antara
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo berjabat tangan dengan Gubernur Reserve Bank of India Shaktikanta Das.

 

BANK Indonesia (BI) dan Reserve Bank of India (RBI) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Sabtu (16/7) ini. 

Penandatangan di Bali, Indonesia, berlangsung di sela-sela pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara anggota G20. Tujuannya ialah meningkatkan kerja sama bank sentral antara Indonesia dan India.

Adapun penandatanganan MoU dilakukan oleh Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dan Deputi Gubernur RBI Michael Debabrata Patra, yang disaksikan oleh Gubernur BI Perry Warjiyo dan Gubernur RBI Shaktikanta Das.

Baca juga: Menkeu: Krisis Akibat Pandemi Sangat Berbeda dengan Krisis Terdahulu

Dengan MoU ini, BI dan RBI berkomitmen memperdalam hubungan bilateral dan memperkuat pertukaran informasi. Serta, kerja sama di bidang kebanksentralan, termasuk sistem pembayaran, hingga kerangka pengawasan terkait Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APU-PPT). 

MoU tersebut akan dilaksanakan melalui dialog kebijakan, kerja sama teknis, pertukaran informasi dan inisiasi bersama. Perjanjian ini memberikan landasan untuk mendorong pemahaman bersama, mengembangkan sistem pembayaran yang efisien dan memperluas konektivitas pembayaran lintas batas. 

Sejumlah inisiatif tersebut akan dilaksanakan melalui interaksi reguler, yang membahas perkembangan dan masalah ekonomi dan keuangan terkini. Berikut, kerja sama teknis melalui pelatihan dan seminar bersama. Serta, kerja sama untuk menjajaki konektivitas sistem pembayaran ritel lintas batas.

Baca juga: Ini Lima Topik Utama yang Dibahas Para Menkeu dan Gubernur Bank Sentral Negara G20

"MoU ini tonggak penting hubungan antara Bank Indonesia dan Reserve Bank of India. Serta, menegaskan kolaborasi yang lebih solid di masa depan. Saya yakin hubungan ini akan menghasilkan capaian yang bermanfaat bagi kedua bank sentral dan masyarakat kedua negara," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Shaktikanta Das menekankan pentingnya kerja sama di berbagai bidang. Mengingat, adanya kesamaan tujuan dan tantangan yang dihadapi kedua bank sentral.

"Ini satu langkah maju dalam mengimplementasi upaya bersama ke dalam bentuk yang formal. Ke depan, MoU akan lebih memperkuat hubungan bilateral kedua bank sentral dan memfasilitasi upaya mencapai sistem keuangan yang mudah diakses dan aman," kata Shaktikanta.(OL-11)
 

 

Baca Juga

Antara

PLN Bisa Hemat Rp10 M dari Pembelian Listrik PLTM Pantan Cuaca Aceh

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:49 WIB
PLTM Pantan Cuaca berlokasi di Kabupaten Gayo Lues berkapasitas 4,5 MW dengan nilai investasi sebesar Rp 160...
Dok. BEBS

Jalin MoU Dengan WIKA, BEBS Akan Lakukan Pembangunan Infrastruktur di Azerbaijan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:32 WIB
Direktur Utama BEBS Hasan Muldhani mengungkapkan, rencana ekspansi usaha BEBS-WIKA tersebut dalam bentuk Kerja sama Operasi untuk...
ANTARA FOTO/DHemas Reviyanto

BUMN yang Sehat Beri Dampak Besar Bagi Negara dan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:45 WIB
"Sejak awal, kita berkomitmen melakukan transformasi menyeluruh dengan memperbaiki proses dan fokus bisnis hingga penerapan budaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya