Selasa 28 Juni 2022, 09:45 WIB

PUPR : Bendungan Meninting Lombok Selesai di 2023

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
PUPR : Bendungan Meninting Lombok Selesai di 2023

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Sejumlah alat berat beroperasi di proyek pembangunan Bendungan Meninting di Desa Dasan Geria, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, NTB.

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Bendungan Meninting di Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (28/6).

Pembangunan bendungan ini dikerjakan sejak 2019 dengan biaya sebesar Rp1,4 triliun dan ditargetkan selesai di 2023. Basuki menekankan bahwa pembangunan bendungan harus tetap menjaga kondisi lingkungan sekitar.

"Pembangunan Bendungan Meninting jangan sampai merusak lingkungan di sekitarnya. Hindari menebang pohon jika tidak perlu ditebang agar bukitnya tidak rusak," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (28/6).

Selain itu, Basuki juga berpesan agar pengawasan pekerjaan konstruksi lebih ditingkatkan agar Bendungan Meninting dapat diselesaikan dengan kualitas yang terbaik. "Peran konsultan pengawas sangat penting karena bertindak sebagai wakil owner dan menentukan kualitas pekerjaan," tegasnya.

Bendungan Meninting merupakan bendungan yang termasuk dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan air, khususnya di Kawasan Timur Indonesia.

Bertindak sebagai kontraktor utama ialah PT. Hutama Karya dan PT. Nindya Karya, serta konsultan pengawas PT. Indra Karya. Progres keseluruhan pembangunan Bendungan Meninting saat ini mencapai 30,49%.

PUPR menjelaskan, kehadiran Bendungan Meninting yang berkapasitas tampung 12 juta m3 ini berpotensi memberikan manfaat mengairi daerah irigasi seluas 1.559,3 hektare (ha).

Lalu, bisa memenuhi kebutuhan air baku untuk Kabupaten Lombok Barat bagian Utara sebesar 0,15 m3/detik khususnya di wilayah Senggigi, menyediakan energi listrik sebesar 0,8 MW, reduksi banjir sebesar 36 m3/detik, dan sebagai destinasi wisata baru. (OL-12)

Baca Juga

MI/Anggoro

Telkom Integrasikan Bisnis Data Center ke Telkom Data Ekosistem

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 07:00 WIB
Nilai transaksi pengalihan bisnis data center dari TelkomSigma ke TDE mencapai Rp2,014...
Ist

5.000 Pelari Siap Semarakkan BRImo Colourful Run 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:45 WIB
Mengusung “Bring More Colour To Your Life”, BRI mengajak masyarakat untuk meningkatkan semangat hidup...
Dok. Anugerah Pangan Lestari

Perluas Pangsa Pasar, Anugerah Pangan Lestari Buka Gerai Orbeez di SCBD

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:41 WIB
Gerai makanan/minuman yang baru dibuka itu merupakan showcase atau display produk-produk lokal maupun impor dari PT Anugerah Pangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya