Selasa 29 Maret 2022, 09:28 WIB

KKP akan Bangun Kampung Bandeng di Gresik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP akan Bangun Kampung Bandeng di Gresik

ANTARA FOTO/Rizal Hanafi
Pembeli memilih ikan bandeng di Pasar Pabean Surabaya, Jawa Timur.

 

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) berencana membangun kampung budi daya ikan bandeng di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Tb Haeru Rahayu berujar, saat ini perputaran uang di Kabupaten Gresik dari budi daya ikan bandeng sudah mencapai triliunan rupiah.

"Nantinya setelah beberapa tahun dicanangkan sebagai kampung budidaya ikan bandeng, diharapkan hasilnya bisa meningkat dua kali lipat,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (29/3).

Menurut Direktur Jenderal Perikanan Budidaya yang akrab disapa Tebe ini, Kabupaten Gresik merupakan salah satu produsen ikan bandeng di Indonesia.

Baca juga: Legislator Dukung Penguatan Program Perikanan Budi Daya

Volume produksi ikan bandeng di 2020 tercatat 87.119 ton dari total produksi perikanan budidaya sebesar 138.578 ton atau 62,87 %.

Total luas tambak di Kabupaten Gresik kurang lebih 28 ribu hektare, Gresik menyumbang 40% dari total luas hamparan tambak di Jawa Timur.

“Melalui pembangunan kampung perikanan budidaya ikan bandeng di Kabupaten Gresik ini, kami menginginkan terciptanya suatu ekosistem usaha budidaya bandeng yang terintegrasi hulu ke hilir," sebutnya.

Penetapan lokasi kampung perikanan budidaya telah dilakukan sejak 2021 melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 64 Tahun 2021 tentang Kampung Perikanan Budi Daya.

Ada enam lokasi yang ditetapkan pada tahun lalu, yaitu Kabupaten Pasaman, Kabupaten OKU Timur, Kabupaten Pati, Kabupaten Gresik , Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Kupang.

Selanjutnya pada tahun ini telah ditetapkan sebanyak 124 lokasi kampung perikanan budidaya melalui Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 16 Tahun 2022 tentang Kampung Perikanan Budi Daya.

“Pembangunan kampung perikanan budidaya dilakukan secara bertahap sampai dengan 2024. Salah satu lokasinya adalah Kabupaten Gresik ini,” jelas Tebe.

Adapun konsep pengembangan kampung perikanan budidaya sendiri, menurut Tebe, merupakan upaya membangun suatu kawasan perikanan budidaya yang berbasis pada komoditas unggulan.

Kemudian, disinergikan berbagai potensi untuk mendorong berkembangnya usaha pembudidayaan ikan yang berdaya saing dan berkelanjutan. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Antata

PUPR Salurkan 60.706 Unit Bantuan Rumah Swadaya

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:48 WIB
Pada 2022 Ditjen Perumahan PUPR mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp2,23 triliun untuk program...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Airlangga Sebut Kasus Harian Covid-19 Masih Level Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:00 WIB
Negara lain yang memiliki jumlah kasus harian cukup tinggi sampai 28 Juni 2022 adalah India dengan 14.529 kasus, Inggris dengan kasus...
Antara

OJK: Penghimpunan Dana di Pasar Modal Capai Rp102,9 Triliun

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:52 WIB
Hingga 24 Juni 2022, OJK mencatat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 1,5%, jika dibandingkan dengan akhir Mei 2022 (mtd) ke level...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya