Selasa 18 Januari 2022, 20:27 WIB

Besok, Minyak Goreng Satu Harga Rp14 Ribu/Liter Berlaku 

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Besok, Minyak Goreng Satu Harga Rp14 Ribu/Liter Berlaku 

Antara/Fakhri Hermansyah
Operasi pasar minytak goreng murah

 

MENINDAKLANJUTI tren kenaikan kenaikan harga minyak goreng di masyarakat, Pemerintah menyusun langkah untuk menjamin pasokan minyak goreng di masyarakat dengan satu harga yaitu Rp14.000 per liter, baik untuk minyak goreng kemasan kualitas premium dan sederhana. 

Pemberlakuan harga ini berlaku pada penjualan minyak goreng baik di ritel modern dan pasar tradisional, mulai Rabu (19/1), pukul 00.01 WIB. 

"Minyak goreng akan dijual setara Rp14.000 per liter, baik untuk kualitas premium dan sederhana 1 liter sampai jerigen 25 liter. Kebijakan ini diperuntukan bagi pemenuhan rumah tangga, usaha mikro dan usaha kecil," kata Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dalam konferensi pers, Selasa (18/1) malam. 

Awal pelaksanaan penetapan minyak goreng 1 harga ini terlebih dahulu akan dilakukan ritel modern yang merupakan anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Seluruh Indonesia (Aprindo). Kemudian pasar tradisional akan diberikan waktu untuk penyesuaian. 

Baca juga : Pemerintah Optimalkan Upaya Penutupan Selisih Harga Minyak Goreng 

Mendag juga mengimbau masyarakat agar tidak perlu panic buying, sebab dengan penerapan Rp14 ribu per liter, dia pastikan akan mencukupi kebutuhan masyarakat. 

Pemerintah melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyiapkan dana Rp7,6 triliun untuk membiayai selisih harga, yang memenuhi penyediaan minyak goreng kemasan sebesar 250 juta liter per bulan atau setara 1,5 miliar liter selama 6 bulan. 

"Kebijakan ini disosialisasikan ke ritel modern. Mereka setuju kebijakan untuk menstabilkan. Sebanyak 34 produsen minyak goreng menyatakan siap berpartisipasi minyak goreng kemasan satu harga. Melalui kebijakan ini kami berharap masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau," kata Lutfi. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA/SIGID KURNIAWAN.

G20 Dorong Pemulihan Ekonomi di tengah Eskalasi Tantangan Global

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:41 WIB
Dalam pertemuan tersebut, juga hadir beberapa pembicara eksternal dari kalangan akademisi dan pelaku pasar yang turut memberikan beragam...
DOK BNI

BNI JJF 2022 Makin Pecah, BNI Pamerkan Metaverse hingga Siapkan Hadiah iPhone 13 Pro

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:18 WIB
Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies menuturkan bahwa animo masyarakat terhadap gelaran acara ini sangat...
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Mendag: Dorong Pemulihan Ekonomi yang Inklusif

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:14 WIB
Menurut Muhammad Lutfi, transformasi digital telah berkontribusi pada ketahanan nilai global dan rantai pasokan, mengurangi biaya dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya