Rabu 05 Januari 2022, 13:27 WIB

Diversifikasi Pangan Dorong Pengembangan Produk Turunan Sagu

Faustinus Nua | Ekonomi
Diversifikasi Pangan Dorong Pengembangan Produk Turunan Sagu

ANTARA FOTO/FB Anggoro
Warga mengolah sagu di tempat pengolahan tradisional yang disebut Walang Goti di Desa Hitu Messing, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

 

SAGU merupakan salah satu tanaman endemik atau asli Indonesia yang masih dilestarikan secara tradisional. Sekitar 5,5 juta hektare luas hutan sagu di seluruh Indonesia dan sekitar 4,7 juta hektare berada di Papua dan Papua Barat.

Sebagai tanaman lokal, sagu berabad-abab menjadi sumber pangan atau makanan pokok masyarakat Papua.

Namun, budi daya sagu yang masih tradisional, pengelolaan produk yang belum banyak disentuh inovasi serta eksploitasi berlebihan menjadi tantangan pengbangan tanaman yang kaya akan karbohidrat ini.

"Dari sisi budi daya kebanyakan sagu yang diolah hari ini adalah sagu yang berasal dari hutan sagu dan di hutan sagu kita tahu persis memiliki kerentanan dan eksploitasi secara berlebihan," ujar Plt. Kepala Pusat Teknologi Agroindustri BRIN Arief Arianto dalam Webinar Riset Diversifikasi Produk Turunan Sagu, Rabu (5/1).

Menurut Arief, sagu merupakan penyumplai pangan bagi masyarakat lokal. Sagu sangat istimewa di hati masyarakat Indonesia baik secara sosiologi maupun kultural.

Lantas, untuk meningkatkan nilai tambah sekaligus melestarikan tanaman endemik ini, perlu adanya diversifikasi produk pangan pada tanaman sagu. Potensi karbohidrat yang luar biasa pada tanaman sagu harus dioptimalkan untuk ketersediaan pangan berkelanjutan.

"Kita selalu bicara masalah diversifikasi pangan, terutama pangan karbohidrat dan saya pikir salah satu potensi yang berasal dari keanekaragaman hayati Indonesia adalah sagu," terangnya.

Arief menambahkan bahwa diversikasi pangan sangatlah strategis dalam menunjang ketersediaan pangan nasional. Produk sagu harus dikembangkan untuk meningkatkan nilai ekonomi, mensejahterakan masyarakat lokal dan memenuhi kebutuhan pangan secara berkelanjutan.(Van/OL-09)

Baca Juga

AFP/Remy Gabalda

Emirates Memulai Kembali Penerbangan ke Bali

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:00 WIB
Penerbangan harian ini artinya memastikan layanan penerbangan akan berjalan non-stop dan mempermudah masyarakat di Dubai untuk menuju...
Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya