Jumat 03 Desember 2021, 23:42 WIB

Luhut : Pengetatan saat Nataru Jadi Prioritas Bagi Pemulihan Ekonomi 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Luhut : Pengetatan saat Nataru Jadi Prioritas Bagi Pemulihan Ekonomi 

Antara/Firkir Yusuf
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Rapimnas Kadin, 3-4 Desember

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, pengendalian kasus covid-19 berkorelasi erat dengan kinerja ekonomi. 

Pengetatan aktivitas saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) pun menjadi hal yang diutamakan dengan penerapan PPKM level 3 di semua wilayah. Ini disampaikan saat di acara Rapat Pimpinan Nasional Kamar Dagang dan Industri (Rapimnas Kadin) 2021. 

"Kehati-hatian dalam menghadapi Nataru harus menjadi prioritas bagi pemulihan ekonomi yang lebih cepat,” jelas Luhut dalam keterangannya, Jumat (3/12). 

Sebelum PPKM diterapkan, pemerintah memperkirakan ada penurunan pertumbuhan ekonomi hingga 3,1% pada kuartal ke-3, tetapi pulih cepat tumbuh di atas 5 persen pada kuartal 4. 

“Realisasi kuartal ke-3 lebih tinggi dari perkiraan awal," ujarnya. 

Baca juga : Pengusaha Minta Pemerintah Konsisten Tingkatkan Pencegahan Penularan Varian Omicron

Kinerja investasi tetap stabil dan mampu menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi sepanjang 2021. Hingga kuartal III 2021, pertumbuhan investasi lebih tinggi dari pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) nasional. 

Kinerja Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dikatakan tetap dtabil sepanjang masa pandemi. Total PMA dan PMDN mencapai Rp659,44 triliun hingga kuartal III 2021. 

Melalui kebijakan PPKM, kasus covid-19 dianggap Luhut mampu dikendalikan dengan cepat dan dijaga pada tingkat yang rendah. Di Jawa dan Bali, jumlah kasus aktif per tanggal 2 Desember 2021 sebanyak 3,739. Jumlah ini mengalami penurunan 99% dari puncak kasus aktif pada 23 Juli 2021 lalu. 

“Indeks keyakinan konsumen membaik ketika kasus menurun dan sebaliknya, penjualan ritel juga berkorelasi erat dengan kenaikan dan penurunan kasus," tutupnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP.

Inflasi Cetak Rekor, Sri Lanka Naikkan Suku Bunga

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 18:08 WIB
Para ekonom telah mendesak Kolombo untuk meminta bantuan IMF dalam merestrukturisasi senilai US$6,9 miliar dalam pembayaran utang luar...
ANTARA

Erick Thohir Ingin Tingkatkan Devisa Melalui Ekspor Listrik

👤Widhoroso 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:57 WIB
MENTERI BUMN Erick Thohir melihat peluang baru untuk ekspansi layanan PLN. Erick ingin PLN meningkatkan skala bisnis bukan hanya domestik...
ANTARA/YUSUF NUGROHO

KPPU Endus Adanya Kartel dari Kenaikan Harga Minyak Goreng 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 17:53 WIB
"Kompak naiknya ini harga minyak goreng. Ini yang saya katakan ada sinyal terjadinya kesepakatan harga. Tapi ini secara hukum harus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya