Selasa 23 November 2021, 15:28 WIB

Presiden Jajal Traktor untuk Tanam Jagung

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden Jajal Traktor untuk Tanam Jagung

Ist
Presiden RI Joko Widodo.

 

PRESIDEN Joko Widodo menjajal mengendarai sebuah traktor yang dilengkapi alat penanam jagung saat meninjau lahan jagung seluas 1.000 hektare di Jeneponto, Sulawesi Selatan, Selasa (23/11). Ternyata, menurut dia, mengendarai kendaraan berat tersebut tidak terlalu sulit.

"Saya juga baru (mengendarai traktor). Hari ini saya bisa pegang dan sangat mudah sekali. Tadi cuma diajari sebentar oleh pak Menteri Pertanian," ujar Jokowi.

Baca juga: Bappenas Sebut Kebutuhan Pendanaan untuk SDGs Mencapai Rp67 Ribu Triliun

Ia pun meyakini para petani yang nantinya akan dibekali traktor oleh Kementerian Pertanian sebagai penunjang kegiatan tanam akan mampu menggunakannya dengan baik.

Keberadaan alat mesin pertanian (alsintan), sambung kepala negara, memang sangat penting dalam upaya membantu para petani, baik saat proses olah lahan maupun panen.

"Untuk menanam, kalau dalam hamparan yang sangat luas, yang paling cepat adalah memakai traktor, cepat sekali. Saya kira mekanisasi seperti ini perlu dikenalkan kepada seluruh petani sehingga mereka bisa gunakan," tuturnya.

Pemberian alsintan merupakan salah satu upaya intensifikasi pertanian yang diharapkan mampu mendongkrak produksi jagung di Tanah Air, khususnya di Jeneponto yang merupakan salah satu kawasan sentra.

"Kita harapkan dari setiap hektare nanti akan muncul hasil 6 sampai 7 ton dan di seluruh Sulawesi Selatan kita harapkan juga akan keluar produksi 1,8 juta ton," ucap Jokowi. (OL-6)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, PStore Komit Penuhi Kepuasan Konsumen

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 00:30 WIB
KENYAMANAN konsumen menjadi salah satu hal yang harus dipenuhi setiap perusahaan untuk bisa tetap bertahan dalam...
DOK Pribadi.

Merek Lokal Queensland Luncurkan Koleksi Terbaru

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:09 WIB
Koleksi tersebut dapat ditemukan dan dibeli di toko offline yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan tersedia pada online store yang...
Dok. Nippon Paint

Ekspansi Bisnis ke sektor Konstruksi, Nippon Paint Akuisisi Selleys dan Vital Technical

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:10 WIB
akuisisi itu didasari potensi pasar retail SAFL dapat mencapai Rp6 Triliun per tahun berdasarkan penelitian pasar yang dilakukan secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya