Rabu 29 September 2021, 23:55 WIB

Oktober, Gresik Bersiap Ekpor Kunyit ke India dan Eropa

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Oktober, Gresik Bersiap Ekpor Kunyit ke India dan Eropa

ANTARA FOTO/Umarul Faruq
Kunyit

 

Kabupaten Gresik, Jawa Timur, tepatnya di Desa Sidoraharjo akan menyiapkan komoditas kunyit dan empon-empon (bahan rempah) untuk diekspor pada Oktober 2021, karena memiliki potensi penghasil kunyit terbanyak di wilayah setempat.

Kepala Desa Sidoraharjo, Suwoto di Gresik, Rabu mengakui, hasil pertanian kunyit yang merupakan ikon desa merupakan komoditi potensial di desa setempat dan sangat melimpah hasilnya, yakni ada sekitar 15 hektare lahan kunyit dengan kapasitas sekitar 2.700 ton/tahun.

"Dengan adanya ekspor itu, bisa meningkatkan perekonomian warga desa," kata Suwoto, kepada wartawan di Gresik.

Kasi Promosi Perdagangan Luar Negeri, Dinas Koperasi dan Perindustrian serta Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Gresik, Sunik mengatakan dorongan ekspor sudah menjadi bagian upaya Pemkab Gresik untuk membantu dan membina UMKM kunyit.

"Ekspor bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, bahkan sekarang bisa mudah untuk dilakukan karena kemudahan perizinan yang jauh lebih cepat dari tahun - tahun sebelumnya," katanya.

Sementara itu, Klinik Ekspor Bea Cukai Kabupaten Gresik, Eko Rudi mengatakan, pihaknya siap memfasilitasi UMKM mulai ekspor kunyit tersebut.

Fasilitas yang diberikan meliputi perizinan, pembuatan katalog produk, mencarikan pembeli, serta memfasilitasi komunikasi dan zoom meeting dengan pihak buyer.

"Saat ini rata-rata 90 persen buyer berasal dari India dan sisanya wilayah Eropa," kata Eko, menjelaskan.

Sebelumnya, direncanakan pada Oktober 2021 wilayah Kecamatan Kedamean khususnya Desa Sidoraharjo akan melakukan ekspor kunyit secara mandiri serta dibantu kelola oleh BUMDes.

Ekspor itu diharapkan bisa mengangkat ekonomi warga desa yang mayoritas petani kunyit. Saat ini nilai jual kunyit jauh dari yang diharapkan yang hanya berkisar atara Rp800-Rp1000/kg kunyit basah. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist/Kementan

Pertama di Serbia, ODICOFF Upaya Peningkatan Perdagangan Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 09:17 WIB
Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto menyatakan bahwa ODICOFF Serbia merupakan salah satu upaya peningkatan potensi ekspor komoditas...
Antara/Rahmad

BNI Xpora Bantu Makanan dan Minuman Indonesia Tembus Malaysia

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 30 November 2021, 07:05 WIB
Produk makanan dan minuman Indonesia memiliki potensi yang cukup kuat untuk meningkatkan penetrasinya di...
Antara/Ampelsa

Garuda Layani Penerbangan Turis RI- Singapura Tanpa Karantina

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 30 November 2021, 07:00 WIB
Pelaku perjalanan kedua negara yang telah mendapatkan dosis lengkap vaksinasi covid-19, dapat melakukan perjalanan antarnegara tanpa harus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jokowi Jamin Keamanan Investasi

Pengusaha meminta pemerintah dan DPR selaku pembuat undang-undang mempercepat proses perbaikan UU Cipta Kerja seusai putusan MK.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya