Kamis 05 Agustus 2021, 15:25 WIB

Ekonom Chatib Basri Usul Penerima BLT Harus Sudah Divaksin Covid-19

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ekonom Chatib Basri Usul Penerima BLT Harus Sudah Divaksin Covid-19

ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf/
Ekonom senior Universitas Indonesia, Chatib Basri.

 

EKONOM senior Universitas Indonesia, Chatib Basri, mengusulkan ke pemerintah soal penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) diberikan kepada warga yang sudah menerima vaksin Covid-19.

Lewat skema insentif bansos bersyarat (conditional cash transfer) dengan sudah divaksin Covid-19, diharapkan bisa mengejar target percepatan vaksin di Tanah Air, yakni satu juta suntikan per hari dan herd immunity 70% penduduk Indonesia.

"Saya usul, sebetulnya pemerintah punya bantuan sosial berupa BLT. Jadi, kalau orang mau dapat cash (BLT), dia harus divaksin. Dengan begitu proses ini menjadi lebih cepat," ungkapnya dalam Dialog Ekonomi tentang Kinerja Ekonomi Kuartal II-2021 secara virtual, Kamis (5/8)

Usulan tersebut, lanjut Chatib, dengan skenario pemerintahan telah memiliki stok vaksin yang memadai alias cukup untuk kebutuhan masyarakat.

Dia beranggapan, dengan langkah tersebut, maka masyarakat akan berlomba-lomba untuk mendapatkan vaksin covid-19.

"Usulan ini saya asumsikan bahwa suplai vaksinnya bisa kita penuhi. Saya percaya warga akan mau divaksin dan herd immunity bisa tercapai," tandas Mantan Menteri Keuangan era SBY ini.

Terpisah, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi mengemukakan stok vaksin yang tersedia saat ini di fasilitas pemerintah pusat mencukupi untuk memenuhi permintaan daerah.

"Kita punya stok cukup vaksin. Tapi harus dipahami bahwa vaksin itu tidak bisa sekaligus vaksinasi semua sasarannya, karena dosis vaksin juga datang bertahap," kata Siti Nadia Tarmizi dikutip dari Antara. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Dok Kemenparekraf

Sertifikasi CHSE di Lokasi Wisata Kini Dilengkapi SNI

👤Iis Zatnika 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:00 WIB
Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Skema Akreditasi CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety & Environment Sustainability) untuk sektor...
Dok. Pribadi

Basuki Tjahaja Purnama Dinilai Cocok Pimpin Badan Pangan Nasional

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:51 WIB
BTP memiliki kapasitas dan kepemimpinan yang kuat serta komitmen politik dalam mewujudkan kedaulatan pangan dan kemandirian pangan di...
Dok Dwija Karya

Menangkap Potensi Besar Pasar Hunian di Tigaraksa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 22:25 WIB
Proyek yang berada di bibir Jl Raya Tigaraksa dan memiliki luas lahan 5 hektare itu bernama Grand Almas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya