Rabu 21 Juli 2021, 12:30 WIB

DPR Minta Kemenperin Turun Tangan Soal KTM

Mediaindonesia.com | Ekonomi
DPR Minta Kemenperin Turun Tangan Soal KTM

Dok. Ist
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya

 

BEREDAR surat yang didikirimkan Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu, tertanggal 15 Juli 2021 kepada Menteri Perindustrian Republik Indonesia yang isinya meminta pencabutan ijin PT KTM.

Dalam surat itu, Ketua Federasi SP BUMN Bersatu Arief Poyuono menuliskan fakta terkait KTM antara lain   membangun pabrik sebagai kedok untuk memperoleh ijin impor raw sugar,  merusak harga beli tebu, mengakibatkan persaingan yang tidak sehat dalam mendapatkan bahan baku tebu, diduga melakukan penimbunan gula rafinasi dan konsumsi dan menyebarkan berita bohong.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Gde Sumarjaya mengatakan Kemenperin harus menindaklanjuti pengaduan masyarakat itu. 

“Kita tetap berprinsip praduga tak bersalah. Agar dapat diketahui dengan pasti kebenaranya maka harus dilakukan investigasi khusus untuk itu,” kata  Gde Sumarjaya dalam keterangannya di Denpasar, Selasa (20/7).

Pria yang akrab disapa Demer itu  mengaku  tak asing mendengar nama PT KTM. Pasalnya, pada akhir April 2021, santer di media masa berita Sidak Satgas Pangan Jawa Timur ke PT KTM, Lamongan, Jawa Timur yang menemukan dugaan penimbunan 15 ribu ton gula rafinasi dan 22 ribu ton gula kristal putih di gudang milik perusahaan tersebut.

"Tindakan penimbunan di masa pandemi itu termasuk kejahatan pangan. Sanksi pidana penimbunan pangan diatur dalam Undang-undang Pangan Nomor 18 tahun 2012  dan Undang-undang Perdagangan Nomor 7 tahun 2014," ungkapnya. 

Sebenarnya, lanjut Demar, sudah banyak desakan dari berbagai kelompok untuk menuntaskan hal itu. Oleh karenanya pemerintah harus bertindak tegas dan segera melakukan investigasi. 

“Bila terbukti bersalah, jatuhkan sanksi administratif berupa pencabutan izin. Bila mana terdapat dugaan tindak pidana, segera lakukan koordinasi dengan pihak terkait,” pungkas Demer (RO/E-1)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

OJK Optimistis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2021 Capai 7%

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 12:25 WIB
meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan, akan dapat mengakselerasi pemulihan aktivitas ekonomi masyarakat...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Harapan Covid-19 Mulai Terkendali, Bursa Global Topang IHSG Menguat

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 10:42 WIB
Penguatan IHSG didorong optimisme jumlah kasus Covid-19 yang mulai bertahap menurun, meskipun PPKM masih diperpanjang sepekan ke...
ANTARA FOTO/Didik Suhartono

KKP Larang Penjualan Benur Ukuran di Bawah 5 Gram

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 04 Agustus 2021, 10:27 WIB
Ketut Sugama mengatakan, keputusan tersebut bukan untuk menghalangi pelaku usaha melainkan untuk menjamin kegiatan budidaya BBL berjalan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kenyang Janji dan Pasrah Menunggu Keajaiban

Sejak peristiwa gempa bumi disertai tsunami dan likuefaksi di Palu, Sigi, dan Donggala, Sulawesi Tengah hingga kini masih banyak warga terdampak bencana tinggal di hunian sementara.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya