Selasa 15 Juni 2021, 21:00 WIB

Ekspor Tanaman Hias Bogor Hasilkan Devisa Rp700 Juta per Hari

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ekspor Tanaman Hias Bogor Hasilkan Devisa Rp700 Juta per Hari

realhomes.com
Ilustrasi

 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat mencatat hasil ekspor tanaman hias ke berbagai negara dari wilayahnya menghasilkan devisa hingga Rp700 juta per hari.

"Terdapat 622 petani eksportir dari Kabupaten Bogor tergabung dalam 52 perusahaan yang mengeluarkan phythosanitary atau izin ekspor, dengan rata-rata devisa negara Rp500 juta hingga Rp700 juta per hari," ungkap Bupati Bogor, Ade Yasin usai rapat pengembangan potensi pertanian di kantornya, Cibinong, Bogor, Selasa.

Menurutnya, tanaman hias yang berasal dari Tamansari, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Kemang, Ciseeng dan Gunungsindur itu diekspor ke Amerika, Kanada, Jerman, Inggris, Italia, Korea, Taiwan, Malaysia, dan Jepang.

Sedangkan jenis-jenis tanaman hiasnya antara lain Monstera, Philodendron, Alocasia, Anthurium, Scindapsus, dan jenis aroid lainnya.

Sementara, Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Bogor, Saepudin Muhtar alias Gus Udin menyebutkan bahwa penjualan tanaman hias menjadi sektor unggulan dalam rangka pemulihan ekonomi di Kabupaten Bogor.

"Ini menjadi sektor unggulan kita, karena memang jika dilihat dari sektor perekonomian yang lain agak menurun, tapi tanaman hias ini penjualannya tambah meningkat," terang Gus Udin.

Ia berharap penjualan tanaman hias akan menumbuhkan geliat perekonomian Kabupaten Bogor yang belakangan terpuruk, ditandai dengan menurunnya laju pertumbuhan ekonomi. (Ant/OL-12)

Baca Juga

dok kemenhub

Airlangga Serahkan Bantuan untuk Pengemudi Transportasi Umum di Bogor

👤Dede Susianti 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:16 WIB
 Pengemudi ojol adalah pahlawan kita. Mereka yang membawa kebutuhan masyarakat dari warung, dari restoran ke rumah-rumah masyarakat...
Ist

Menhub Bagikan Sembako untuk Pengemudi Transportasi Umum di Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:29 WIB
Kemenhub memberikan bantuan sembako sebanyak 500 paket  kepada pengemudi ojek online lintas aplikator, pengemudi angkot dan bus...
DOK KEMENTAN

Para Petani Sumringah Disapa Mentan SYL Saat Istirahat di Pinggir Sawah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Juli 2021, 10:42 WIB
Sejumlah petani mengaku tidak menyangka akan dihampiri Menteri Pertanian, saat...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya