Jumat 11 Juni 2021, 01:34 WIB

Alibaba Cloud Investasikan Rp14,2 Triliun di Kawasan Asia-Pasifik

Retno Hemawati | Ekonomi
Alibaba Cloud Investasikan Rp14,2 Triliun di Kawasan Asia-Pasifik

Alibaba Cloud
Alibaba Cloud

 

Alibaba Cloud, tulang punggung teknologi digital dan inteligensi Alibaba Group, hari ini meresmikan peluncuran AsiaForward Project dengan nilai investasi awal sebesar US$1 miliar atau setara dengan Rp14,2 triliun.

Investasi yang diberikan dalam bentuk dana dan sumber daya ini, ditujukan untuk menghasilkan jutaan talenta digital yang kuat, termasuk upaya untuk memberdayakan 100.000 developer dan pertumbuhan 100.000 startup teknologi di Kawasan Asia Pasifik dalam tiga tahun ke depan.

Diluncurkan saat Alibaba Cloud Summit 2021, project ini merupakan bagian dari strategi perusahaan sebagai pemimpin cloud terpercaya di Kawasan Asia Pasifik, untuk berinvestasi dalam infrastruktur, inovasi teknologi, dan pengembangan talenta digital agar dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal melalui transformasi digital.

“Inovasi teknologi memiliki peran penting untuk pemulihan ekonomi setelah COVID-19 sedangkan Sumber Daya Manusia yang memiliki pengalaman yang kuat dalam aplikasi digital juga sangat diperlukan agar perkembangan ekonomi digital terus berlanjut. Kami melihat tingginya permintaan untuk teknologi cloud-native untuk pengembangan pembangunan vertikal di seluruh kawasan, dari e-commerce, logistik, fintech, hingga hiburan digital,” ungkap Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence.

“Sebagai penyedia layanan cloud terkemuka dan mitra tepercaya di Asia Pasifik, kami berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem cloud yang lebih baik dan memperkuat infrastruktur digital di kawasan ini. Kami juga akan berfokus pada inovasi dan investasi data center serta pengembangan talenta sebagai upaya menyambut masa depan digital-first,” tambahnya.

Di Indonesia, Alibaba Cloud secara resmi meluncurkan data center ketiganya. Data center ketiga ini akan mendukung pelanggan dengan berbagai layanan Alibaba Cloud dari database, keamanan, jaringan, machine learning, hingga analisis data. Penambahan data center ini pun semakin melebarkan kesempatan Alibaba Cloud untuk lebih mendukung pelaku bisnis yang berminat mengadopsi teknologi cloud bahkan memperkuat pengembangan masyarakat digital di Indonesia. Hingga saat ini, Alibaba Cloud telah mengoperasikan 75 zona ketersediaan di 24 wilayah di seluruh penjuru dunia. (OL-12)

 

Baca Juga

Dok Xendit

3 Tips bagi UMKM untuk Maksimalkan Tools dan Program Gratis

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:53 WIB
Simak di sini beberapa tips bagi para UMKM untuk memanfaatkan tools dan program bebas biaya demi kemajuan...
Dok. Cloudkitchen

Cloudkitchen.id Bantu Pengusaha Kuliner Luaskan Pasar di Masa Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:17 WIB
Dengan sistem yang dibuat Cloud Kitchen, para pebisnis kuliner dapat tetap mempertahankan bisnisnya dengan menekan besaran biaya...
Antara

Hingga Mei, Arus Peti Kemas JICT Capai 807 Ribu TEUs

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:13 WIB
Tahun ini ditargetkan melayani arus peti kemas 2,1 juta TEUs atau naik 16% dibandingkan tahun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghitung Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jatim

Analisis mengenai potensi gempa dan tsunami harus dijadikan pengingat untuk memperkuat mitigasi kegempaan dan tsunami di wilayah Jawa Timur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya