Rabu 09 Juni 2021, 22:51 WIB

Momentum Ekspansi Industri Manufaktur RI bikin Pede Investor  

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Momentum Ekspansi Industri Manufaktur RI bikin Pede Investor  

Antara/Yulius Satria Wijaya
Pekerja mengerjakan komponen elektronika

 

PEMULIHAN kinerja industri manufaktur dalam negeri berangsur menunjukkan perbaikan dari bulan ke bulan. Pada Mei 2021, Purchasing Manager’s Index (PMI) Manufaktur Indonesia berhasil memecahkan rekor dengan menembus level 55,3. 

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berpendapat, ekspansi manufaktur ini mempengaruhi putusan investor. 

“Momentum ekspansi industri manufaktur Indonesia ditunjukkan dengan kepercayaan diri para investor dalam melakukan penambahan terhadap penanaman modal di Indonesia,” jelasnya dalam keterangan resmi, Rabu (9/6).

Agus mencontohkan seperti PT Haeng Sung Raya Indonesia (Haeng Sung), industri komponen elektronika yang memproduksi Printed Circuit Board Assembly (PCBA) dan harness. 

Mebperin menyampaikan, perusahaan itu berupaya memperkuat posisinya dengan kembali menambah investasinya di Cibitung sebesar US$10 juta.

“Pemerintah akan mendorong pengembangan industri komponen elektronika, dengan memperkuat struktur manufakturnya melalui peningkatan investasi," tegas Agus.

Baca juga : Lifting ke-700 Minyak Mentah Blok Cepu, Hulu Migas RI Menjanjikan

Haeng Sung yang saat ini mempekerjakan sebanyak 800 orang, disebut memiliki kapasitas produksi PCBA sebesar 120 juta unit dan harness hingga 12 juta unit.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin Taufiek Bawazier menyampaikan pentingnya kesiapan industri komponen dalam negeri.

Untuk mendukung ketersediaan industri komponen, pemerintah pun berupaya dengan mengeluarkan kebijakan strategos seperti pengoptimalan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Maupun insentif-insentif penanaman modal seperti tax holiday dan tax allowance,” paparnya.

Pada 2020, Haeng Sung mencatat nilai ekspor hingga US$21 juta dan nilai ini diperkirakan meningkat pada tahun ini, di mana hingga Mei sudah mencapai US$13 juta. Komponen yang diproduksi di dalam negeri ini sudah berhasil tembus pasar ekspor ke berbagai negara seperti India, Turki, Polandia, Rusia, Mexico, Korea Selatan, dan Vietnam. (OL-7)

Baca Juga

Ist

BUMN Didorong Perbesar Atensi Bagi Pelajar dan Perempuan

👤Mediaindonesiacom 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:30 WIB
Dengan bertambahnya kualitas pengetahuan bagi pelajar dan pendapatan kaum perempuan, maka BUMN berperan besar dalam peningkatan kualitas...
MI/ Susanto

Misbakhun Tuding Sri Mulyani tak Rasional soal Pajak Sembako

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:10 WIB
Politikus Partai Golkar itu pun menyeret Menteri Keuangan Sri Mulyani yang dianggap bertanggung jawab atas wacana...
MI/ARYA MANGGALA

Menhub: Pergerakan Pesawat Domestik Semakin Membaik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 12 Juni 2021, 23:00 WIB
Kemenhub terus berupaya membuat kebijakan yang mendorong peningkatan pergerakan pesawat di tengah masa pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perangkat Terenkripsi Jerat Penjahat di Seluruh Dunia

LEBIH dari 800 penjahat telah ditangkap di seluruh dunia seusai dijebak menggunakan aplikasi pesan terenkripsi yang dijalankan FBI.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya