Selasa 01 Juni 2021, 11:36 WIB

Sandiaga Sebut Pelaku Ekraf Mutlak Berjualan Secara Daring

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Sebut Pelaku Ekraf Mutlak Berjualan Secara Daring

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Menparekraf Sandiaga Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong para pelaku ekonomi kreatif (ekraf) untuk meningkatkan kapasitas keterampilan seperti memasarkan produk-produk lewat daring.

Menurutnya, adanya pandemi covid-19 memaksa para pelaku ekraf untuk meningkatkan keterampilan dan beradaptasi dalam mengembangkan usaha dengan memanfaatkan marketplace sebagai sarana berjualan dan media sosial sebagai wadah pemasaran.

“Keterampilan memasarkan dan menjual barang-barang melalui online sudah menjadi hal yang mutlak bagi para pelaku ekraf saat ini. Tidak hanya itu saja, keterampilan membuat konten-konten produk sekreatif juga harus ditingkatkan agar minat konsumen semakin tinggi," kata Sandiaga dalam keterangannya saat mengunjungi Cirebon, Jawa Barat, Senin (31/5).

Baca juga: Transaksi Online Produk Komestik Capai 80%, Genjot Kualitas Lokal

Untuk Cirebon sendiri, yang dianggap Sandiaga sebagai ikon sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan batik dan produk-produk kulinernya, juga didorong pelaku ekrafnya untuk mengembangkan usaha lewat digital.

Kemenparekraf juga menyatakan telah menyalurkan dana hibah pariwisata sebesar Rp2,2 triliun pada 2020 dan akan mengusulkan dana hibah sebesar Rp3,7 triliun yang akan diperluas bukan hanya untuk hotel dan restoran saja dalam meningkatkan usaha.

"Tapi pemanfaatannya bisa diperluas bagi pelaku parekraf lainnya. Kami sedang petakan dan kami berharap bantuan dari pemkab/pemkot untuk memberikan data terkini para pelaku ekraf di Cirebon,” jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Sandiaga berharap pelaku ekraf di Kabupaten Cirebon dapat meningkatkan kualitas produknya melalui pelatihan dan pendampingan usaha yang segera digelar di wilayah tersebut.

"Pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki satu kebutuhan yang sama yaitu pelatihan, pendampingan, dan akses permodalan. Ini yang akan kita bantu melalui program-program Kemenparekraf untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tandasnya. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Sandiaga Ingin Kembangkan Ekonomi Kreatif Unggulan di Jambi

👤Ant 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:57 WIB
Ia menilai Jambi memiliki potensi wisata yang kaya dengan dibuktikan adanya dua Kawasan Strategis Pariwisata...
Dok. INPP

INPP Gandeng Cornerstone dan Cushman & Wakefield Dalam Pengembangan Antasari Place 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:08 WIB
"“Sejak awal kami perlu memastikan pemenuhan hak konsumen untuk mendapatkan layanan yang berkualitas untuk calon...
Dok. Blibli

CEO Blibli Kusumo Martanto Raih Penghargaan Marketing Champion Marketeer Of The Year 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:05 WIB
Pengakuan itu dinilai dewan juri dari keberhasilan Kusumo menavigasi Blibli lewat gebrakan bisnis dan inovasi pemasaran yang memberikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya