Jumat 28 Mei 2021, 06:56 WIB

Kementan Siap Genjot SDM Petani Milenial di Konawe Selatan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Kementan Siap Genjot SDM Petani Milenial di Konawe Selatan

Ist/Kementan
Kepala BPPSDMP, Kementan, Dedi Nursyamsi, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

 

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) mendukung penuh langkah Kabupaten Konawe Selatan yang tengah memfokuskan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian seperti petani dan penyuluh, utamanya petani milenial.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan, eksistensi petani milenial amat penting untuk melanjutkan tongkat estafet di sektor pertanian. Saking pentingnya keberadaan mereka, Mentan SYL menarget mencetak 2,5 juta petani milenial hingga tahun 2024.

Ada dua strategi yang dibocorkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk menghasilkan ratusan juta petani muda ke depan dalam menghadapi perkembangan dunia pertanian yang semakin maju.

“Bagaimana strategi kami membuat 2,5 juta petani muda? Pertama, 2,5 juta itu kita berharap terdidik, setiap tahun kami juga memagangkan kurang lebih 1.000 orang ke beberapa negara," kata Mentan SYL.

Strategi kedua, Kementan merangkul universitas-universitas di seluruh Tanah Air yang memiliki fakultas peternakan dan pertanian. Sarjana pertanian dan peternakan dari universitas-universitas tersebut nanti akan ditempatkan ke bidang pertanian dan peternakan strategis oleh Kementan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi memaparkan, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, merupakan sentra produksi pangan nasional.

Maka dari itu, menurut Dedi, pembangunan SDM pertanian dirasa amat penting bagi kabupaten ini. Utamanya dalam hal membangun SDM petani milenial. Dedi menilai keberadaan petani milenial akan membawa dampak positif terhadap kemajuan sektor pertanian di daerah. 

"Petani milenial, petani dan penyuluhnya di Kabupaten Konawa Selatan ini sangat luar biasa. Saya optimis kehadirm petani milnial akan mrmbawa penyegaran bagi pertanian di daerah," ujar Dedi.

Kementan, dalam hal ini BPPSDMP menurut Dedi akan berkomitmen dalam pembangunan SDM pertanian secara keseluruhan, mulai dari petani, penyuluh, termasuk petani milenial.

"Kami dari Kementan, siap membangun SDM pertanian, utamanya petani milenial. Kami akan beri perhatian khusus untuk petani milenial ini. Kami akan support habis pembanguan SDM di Konawe Selatan," tegas Dedi.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe Selatan, Hidayatullah menyatakan kesiapannya mendukung penuh program Kementan, dalam hal ini BPPSDMP yang akan fokus pada pembangunan kapasitas building mereka yang bergerak di sektor pertanian. 

"Kami siap menyampaikan ke pimpinan untuk menyiapkan anggaran. Kita coba alokasikan dari APBD. Tapi memang perlu koordinasi lintas sektoral, utamanya dengan legislatif agar bisa dialokasikan anggarannya," tutur Hidayatullah. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Sandiaga Ingin Kembangkan Ekonomi Kreatif Unggulan di Jambi

👤Ant 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:57 WIB
Ia menilai Jambi memiliki potensi wisata yang kaya dengan dibuktikan adanya dua Kawasan Strategis Pariwisata...
Dok. INPP

INPP Gandeng Cornerstone dan Cushman & Wakefield Dalam Pengembangan Antasari Place 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:08 WIB
"“Sejak awal kami perlu memastikan pemenuhan hak konsumen untuk mendapatkan layanan yang berkualitas untuk calon...
Dok. Blibli

CEO Blibli Kusumo Martanto Raih Penghargaan Marketing Champion Marketeer Of The Year 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 23:05 WIB
Pengakuan itu dinilai dewan juri dari keberhasilan Kusumo menavigasi Blibli lewat gebrakan bisnis dan inovasi pemasaran yang memberikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya