Senin 17 Mei 2021, 19:48 WIB

Impor Bawang Putih, Kemendag : Itu Sesuai Permendag

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Impor Bawang Putih, Kemendag : Itu Sesuai Permendag

Antara
Ilustrasi

 

KEMENTERIAN Perdagangan (Kemendag) membenarkan melakukan impor bawang putih. Langkah itu diklaim berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 27 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 44 Tahun 2019 tentang Ketentuan Impor Produk Hortikultura.

"Impor bawang putih diatur dalam Permendag 27 tahun 2020. Coba lihat dulu aturannya," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana kepada Media Indonesia, Senin (17/5).

Wisnu tidak menerangkan secara detail berapa jumlah bawang putih yang akan diimpor pemerintah. Namun, dia mengatakan, perihal kebutuhan komoditas pangan tersebut juga diatur oleh Kementerian Pertanian (Kementan).

"Kebutuhan (bawang putih) setiap tahun dihitung Ditjen Hortikultura Kementan," ucapnya.

Baca juga : Gojek dan Tokopedia Berkolaborasi Bentuk Group GoTo

Dalam Permendag Nomor 27 Tahun 2020 disebutkan pada pasal 35A bahwa pada saat Peraturan Menteri ini mulai berlaku, Produk Hortikultura berupa bawang bombay dengan Pos Tarif/HS 0703.10.19 dan bawang putih dengan Pos Tarif/HS 0703.20.90 yang dikapalkan dari pelabuhan muat.

Langkah impor tersebut menuai kritikan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Pasalnya, beberapa waktu sebelumnya, wacana impor produk pangam juga mendapat sorotan publik seperti impor beras.

Anggota Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Tohir mengaku menyesalkan kebijakan mengimpor bawang putih oleh Kementerian Perdagangan.

Impor bahan pangan yang dikatakan dalam jumlah besar itu dianggap mencederai kemandirian, ketahanan, dan kedaulatan pangan nasional. Dia menyebut, Kemendag telah mengimpor 76.568 ton bawang putih.

“Sama sekali tidak ada konsep ketahanan pangan," kata Hafisz dalam keterangannya yang dikutip Senin (17/5). (OL-2)

 

Baca Juga

Dok Modernland

Kota Modern Pacu Properti Komersial

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 22:50 WIB
Tren permintaan dan kebutuhan properti komersial berupa ruko di kawasan itu masih sangat...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Serapan Program PEN 2021 Sudah Lebih dari Rp200 Triliun

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 24 Juni 2021, 21:24 WIB
Dia menyebutkan, hingga 18 Juni 2021, realisasi program PEN 2021 telah mencapai Rp226,63 triliun, atau 32,4% dari total anggaran sebesar...
Ist/PG Bungamayang

Mulai Giling, Pabrik Gula Bungamayang Siap Produksi 55 Ribu Ton

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 20:27 WIB
SEVP Operation I Budi Susilo mengatakan tahun 2021 ini, Pabrik Gula Bungamayang akan memproduksi gula dari 55 ribu ton tebu dari kebun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya