Minggu 02 Mei 2021, 11:39 WIB

Mantan Waka MK Mengusulkan Badan Otoritas Pengelolaan Hulu Migas

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Mantan Waka MK Mengusulkan Badan Otoritas Pengelolaan Hulu Migas

Dok.SKK Migas
Forum Group Discussion (FGD) di Universitas Negeri Sebelas Maret

 


MANTAN  Hakim Mahkamah Konstitusi yang mengeluarkan pendapat berbeda  atau Dissenting Opinion dalam putusan pembubaran BP Migas 2012 lalu, Harjono mengatakan  perlunya dibentuk Lembaga independen tetapi berada dibawah eksekutif berupa badan otorita  untuk keberlangsungan Industri Hulu Migas di Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan Harjono dalam Forum Group Discussion (FGD) di Universitas Negeri Sebelas Maret, Sabtu, (1/5), Bersama sejumlah akademisi fakultas hukum diantaranya Dekan Fakultas  Hukum UNS Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi H., SH, MM, praktisi migas Ir. Benny  Lubiantara, SE, MM. dan ahli hukum energi Dr. Lego Karjoko, SH, MH.

Menurut Harjono, sudah banyak bentuk otorita di negara ini yang dberikan kewenangan sebagai  eksekutif untuk mengelola, seperti Badan Otorita Batam, Otoritas Jasa Keuangan dan lainnya. 

“Melalui lembaga Otoritas maka pengelolaan hulu migas akan selaras dengan putusan  Mahkamah Konstitusi dan memberikan keleluasaan dalam mengelola untuk sebesar-besarnya  kemakmuran rakyat,” kata Harjono.

Harjono menjelaskan negara berkontrak dengan swasta itu tidak mendegradasi posisi negara, contohnya ketika negara membeli alutsista itu kontraknya tidak B to B tetapi B to G.  “Itu tidak  masalah,” Kata Harjono.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Gusti Ayu  menegaskan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) setara dengan undang-undang yang harus  dipatuhi. Gusti Ayu menilai pemerintah harus taat pada undang-undang sehingga harus  menjalankan putusan Mahkamah Konstitusi.

 “Negara harus segera melaksanakan putusan MK  guna menjamin ketahanan energi sebagai tanggung jawab negara kepada rakyat sebagai pemilik  kedaulatan,” tegas Ayu.

Prof Gusti Ayu mengatakan implementasi putusan MK harus dilakukan dengan membuat naskah  akademik untuk RUU Migas yang baru harus segera disiapkan agar meningkatkan trust baik dari  dalam maupun luar negeri.(RO/E-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

IHSG Diproyeksi Kembali Menguat

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 11:28 WIB
Pakar sekuritas menyebutkan IHSG kami perkirakan berpotensi kembali menguat seiring masih kuatnya arus beli asing serta penguatan harga...
DOK PT POS INDONESIA

Pos Indonesia Luncurkan New Contact Center Halo Pos 1500161

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 11:09 WIB
Call 1500161 menjawab tuntutan masyarakat atas tersedianya nomor akses Pos Indonesia yang mudah...
DOK BJB

10 Terbaik Nasional, Mobile Banking bank bjb Tumbuh Paling Pesat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 10:36 WIB
Bank BJB juga menjadi salah satu perbankan yang telah mengadopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya