Selasa 13 April 2021, 20:37 WIB

Di Hannover Messe, Pertamina Pertegas Dukungan Transisi Energi  

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Di Hannover Messe, Pertamina Pertegas Dukungan Transisi Energi  

Antara/Nova Wahyudi
Kilang pertamnia di Sumsel yang memproduksi bahan bakar ramah lingkungan

 

PT Pertamina (Persero) mempertegas dukungnya terhadap transformasi industri 4.0 dengan mempercepat agenda transisi energi yang dapat mendorong peralihan konsumsi energi dari fosil menjadi energi baru terbarukan (EBT).

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sebagai salah satu peserta dalam ajang Hannover Messe 2021, Pertamina memastikan langkahnya untuk mendukung pembangunan hijau dan berkelanjutan.

Hal ini, ungkapnya, sejalan dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada pembukaan ajang internasional itu, yang menekankan pentingnya 3 aspek utama dalam menyiapkan roadmap Industri 4.0 di Indonesia, yakni penguatan SDM, menciptakan iklim investasi yang kondusif, dan investasi pembangunan hijau. 

“Kami sangat bersungguh-sungguh untuk menjalankan transisi energi yang menjadi tujuan bersama untuk mengurangi pemanasan global dan mencapai keberlanjutan energi," tutur Nicke dalam keterangannya, Selasa (13/4).

Nicke mengatakan, pemerintah telah menetapkan target bauran energi terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025 dan 31% pada tahun 2050. Untuk itu, pihaknya sebagai bagian dari BUMN energi akan memperluas keterlibatnya dalam industri energi Indonesia.

Baca juga : Pencabutan Subsidi Listrik Menghemat Belanja Negara Rp22,2 Triliun

Dijelaskan Nicke, untuk mewujudkan target tersebut, Pertamina melakukan konversi kilang untuk memproduksi green fuel seperti green diesel, green avtur dan green gasoline, melanjutkan pengembangan bio-energy seperti biomassa dan bioetanol.

Selain itu dikatakan juga akan mengoptimalkan potensi dan meningkatkan kapasitas terpasang panas bumi, serta utilisasi green hidrogen.

“Kami juga memperkuat gasifikasi terintegrasi untuk melayani pelanggan di sektor transportasi, rumah tangga, dan industri dalam rangka mengurangi emisi,” urai Nicke.

Lalu, di bidang pembangkit listrik, lanjut Nicke, pihaknya bakal meningkatkan pemanfaatan energi baru terbarukan melalui solar power plant di berbagai area operasi Pertamina dan juga biogas power plant di Sei Mangkei di Sumatera Utara. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak

Pertumbuhan Kuartal II 2021 Diprediksi Belum Capai 7%

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 10 Mei 2021, 11:04 WIB
Program vaksinasi diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan diri pelaku usaha dan juga...
Dok.SAMF

Saraswanti Optimistis Tumbuh di 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Mei 2021, 08:45 WIB
Sepanjang Januari-Maret 2021, emiten berkode saham SAMF itu mengantongi pendapatan mencapai Rp296,72 miliar atau tumbuh...
DOK BP BATAM

Peningkatan Jalan Hang Kesturi Kabil Tingkatkan Konektivitas Akses

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 10 Mei 2021, 08:41 WIB
Berbagai proyek strategis dilakukan BP Batam sebagai Badan Layanan Umum (BLU) yang bertugas untuk meningkatkan nilai investasi serta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Berharap tidak Ada Guncangan Baru

LAPORAN Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan ekonomi Indonesia pada triwulan I 2021 tumbuh di angka -0,74% (year on year/yoy).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya