Senin 12 April 2021, 23:01 WIB

KKP Tangkap 5 Kapal Ilegal Berbendera Vietnam yang Incar Cumi 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
KKP Tangkap 5 Kapal Ilegal Berbendera Vietnam yang Incar Cumi 

Dok. KKP
Kapal ilegal yang ditangkap petugas KKP

 

DIREKTORAT Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menangkap lima kapal ikan asing ilegal berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara. Berbeda dalam modus operandinya, para pencuri ikan ini dilaporkan mengincar cumi sebagai komoditas sasaran.

Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP Pung Nugroho Saksono menyampaikan, alat tangkap yang digunakan kelima kapal tersebut berupa jaring cumi. Hal ini dinilai berbeda dengan yang biasa digunakan oleh kapal Vietnam sebelumnya, yakni trawl yang menarget ikan-ikan dasar (demersal).

"Ini modus operandi yang relatif baru, mereka mengincar komoditas cumi di perairan kita," ungkap Pung dalam keterangannya, Senin (12/4).

Pung menegaskan, pengungkapan modus baru itu menunjukkan bahwa para pencuri ikan di laut Indonesia memang mengincar sumber daya ikan nusantara. Pihaknya mengaku bakal memperketat pengawasan di wilayah-wilayah perbatasan.

“Kami perkuat pengawasan di Laut Natuna Utara, Selat Malaka dan Utara Laut Sulawesi,” jelasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal PSDKP Antam Novambar menuturkan, para pelaku pencurian ikan ini sempat melakukan perlawanan dengan cara melarikan diri dari kejaran aparat namun akhirnya berhasil dilumpuhkan.

Baca juga : Citilink Bantah Penghentian Operasi selama Larangan Mudik

"Operasi Kapal Pengawas Perikanan dibawah komando Direktorat Pemantauan dan Operasi Armada terdiri dari Hiu Macan Tutul 1, Hiu Macan Tutul 2, Hiu 11, serta Orca 3 di Perairan Laut Natuna Utara berhasil mengamankan lima kapal ilegal berbendera Vietnam pada hari Kamis (8/4)," ungkapnya. 

Adapun kelima kapal pencuri tersebut ialah KM. BD 93277 (28,6 GT), KM. BD 30925 TS (27 GT), KM. BD 30135 TS (23 GT), KM. BV 99689 TS (27 GT), dan KM. BV 78409 (27 GT). 

Selain barang bukti berupa kapal, Antam menjelaskan, aparat turut mengamankan 28 awak kapal yang semuanya berkewarganegaraan Vietnam.

"Saya memastikan proses hukum akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku," tegasnya.

Penangkapan lima kapal ikan asing ilegal ini memperpanjang catatan penangkapan pelaku pencurian ikan di laut Indonesia. Pada tahun 2021, KKP mengaku telah melakukan proses hukum terhadap 72 kapal yang terdiri dari 7 kapal berbendera Vietnam, 5 kapal berbendera Malaysia, dan 60 kapal berbendera Indonesia. (OL-7)\

Baca Juga

Ist/Kementan

Sebanyak 20 Ribu Ayam Petelur Disalurkan ke Rumah Tangga Miskin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:42 WIB
Penyaluran ayam petelur tersebut diharap bisa terbangun sumber usaha masyarakat yang memberikan pendapatan dan akhirnya dapat menurunkan...
Antara/Sigid Kurniawan.

Estimasi Harga Vaksinasi Mandiri Rp1 Juta untuk Dua Kali Suntik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:18 WIB
Mengikuti anjuran pemerintah, Kadin menegaskan akan memprioritaskan vaksinasi mandiri di wilayah zona merah yang memiliki pergerakan warga...
Medcom.id.

Dukung Jurnalisme Berkualitas, SPH Ubah Bisnis ke Entitas Nirlaba

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:11 WIB
SPH mengatakan industri media telah menghadapi disrupsi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya