Senin 22 Maret 2021, 18:06 WIB

Penanganan CBU Ekspor IPCC Meningkat di Februari

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Penanganan CBU Ekspor IPCC Meningkat di Februari

Antara
Petugas keamanan berpatroli di dekat mobil baru yang terparkir di PT Indonesia Terminal Kendaraan atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta.

 

PENANGANAN ekspor kendaraan jenis completely built up (CBU) di Terminal Internasional PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk/IPC Car Terminal (IPCC) pada Februari 2021 kembali meningkat.

Hingga Februari 2021 (ytd) sebanyak 49.888 unit telah ditangani CBU ekspor di Terminal Internasional IPCC. Angka ini meningkat tipis 1,72% dibandingkan periode yang sama di 2020.

“Pencapaian hingga Februari 2021 dapat dikatakan mulai kembali pulih, ketika mampu melampaui rata-rata penanganan CBU ekspor di 2019 sebanyak 27.700 unit,” kata Sekretaris Perusahaan Sofyan Gumelar, melalui rilis yang diterima, Senin (22/3).

Jika dirinci lebih lanjut, penanganan CBU ekspor di bulan Februari sebanyak 30.863 unit atau naik 5,79% dibandingkan bulan yang sama di tahun sebelumnya, yaitu di bulan Februari 2020 sebanyak 29.175 unit CBU ekspor.

Pencapaian di bulan Februari 2021 juga meningkat 1,6 kali jika dibandingkan pencapaian Januari 2021 yang sebanyak 19.025 unit.

“Jika dikaitkan dengan ekspor nasional maka ekspor CBU dari Terminal IPCC, sebagai Terminal Kendaraan satu-satunya yang menangani bongkar muat kendaraan CBU ekspor dan impor, turut mendukung ekspor nonmigas Indonesia terutama dari golongan barang kendaraan dan bagiannya,” kata Sofyan.

Golongan barang ini memiliki porsi sebesar 5,34% terhadap total ekspor nonmigas. Nilai pada periode dua bulan hingga Februari 2021 meningkat sebesar 12,64% dari US$1,37 miliar pada periode yang sama di tahun lalu menjadi US$1,54 miliar.

Diharapkan dengan kondisi ekonomi global yang mulai pulih, permintaan kendaraan CBU dari Indonesia dapat kembali meningkat, terutama di negara tujuan ekspor seperti Filipina, Arab Saudi, Vietnam, hingga Timur Tengah dan Amerika Latin.

“Kian banyak CBU yang dapat diekspor, dapat berpengaruh positif tidak hanya pada peningkatan ekspor kendaraan secara nasional namun, juga pada penanganan CBU ekspor di Terminal IPCC. Dengan demikian, Manajemen pun optimis perbaikan fundamental kinerja Perseroan dapat terwujud di tahun ini,” kata Sofyan. (E-3)

Baca Juga

Antara/M Agung Rajasa

Indonesia Berpotensi Miliki Puluhan Unicorn

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 19 September 2021, 23:50 WIB
SAAT ini, Indonesia telah memiliki 5 unicorn atau perusahaan rintisan (startup) yang bernilai di atas US$1...
Antara/Aditya Pradana Putra

Gaikindo Sambut Baik Perpanjangan Diskon PPnBM Sampai Akhir Tahun 2021

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 19 September 2021, 23:00 WIB
Menurut Jongkie, penjualan otomotif nasional terus mengalami peningkatan secara bertahap di tengah dukungan pemerintah terhadap industri...
Ist

Balai Penyuluhan Pertanian Tonggak Pembangunan Sektor Pertanian

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 22:39 WIB
Kementan memaksimalkan peran Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang ada di level...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya