Kamis 21 Januari 2021, 18:20 WIB

BI: Penguatan Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Berlanjut

Despian Nurhidayat | Ekonomi
BI: Penguatan Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Berlanjut

ANTARA/Rivan Awal Lingga
Petugas menunjukkan uang pecahan rupiah dan dolar AS di tempat penukaran uang Dolarindo, Melawai, Jakarta, beberapa waktu lalu.

 

PENGUATAN nilai tukar rupiah terus berlangsung sampai 2021. Hal ini dikatakan merupakan hasil dari langkah-langkah stabilisasi Bank Indonesia (BI) dan berlanjutnya aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik.

Gubernur BI Perry Warjiyo menurutkan, nilai tukar rupiah pada 20 Januari 2021 menguat 0,77% secara rerata dan 0,14% secara point to point dibandingkan dengan level Desember 2020.

"Penguatan nilai tukar rupiah didorong oleh peningkatan aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik seiring dengan penurunan ketidakpastian pasar keuangan global dan persepsi positif investor terhadap prospek perbaikan perekonomian domestik," ungkapnya dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur BI secara virtual, Kamis (21/1).

Menurut Perry, penguatan nilai tukar rupiah berpotensi berlanjut seiring levelnya yang secara fundamental masih undervalued.

Hal ini didukung oleh defisit transaksi berjalan yang rendah, inflasi yang terjaga, daya tarik aset keuangan domestik yang tinggi, premi risiko Indonesia yang menurun, serta likuiditas global yang besar.

"Ke depan, Bank Indonesia terus memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah sesuai dengan fundamentalnya dan bekerjanya mekanisme pasar, melalui efektivitas operasi moneter dan ketersediaan likuiditas di pasar," pungkas Perry. (OL-14)

Baca Juga

Ist/Kementan

Pelaku Usaha Serap Bawang dan Kentang Food Estate dari Sumut

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 09:24 WIB
Kementan memprediksi panen bawang merah dan kentang dimulai pada Maret 2021, sedangkan bawang putih  mulai dipanen...
Dok KLHK

Penguatan Ketahanan Pangan Lewat Budidaya Tanaman Hortikultura

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 09:13 WIB
KLHK dan Asosiasi Pengusaha Hutan Indonesia melakukan pendampingan dan bimbingan teknis untuk petani agar bisa mengembangkan hortikultura...
Ist/Youtube-DCSC

Prof Hermanto : Kementan dan Petani Sukses Jaga Produksi Padi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 08:41 WIB
Prof. Dr. Ir Hermanto Siregar mengapresiasi berbagai kebijakan Kementan sehingga produksi padi pada setiap musim tanam selalu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya