Rabu 13 Januari 2021, 14:20 WIB

BI: Kegiatan Dunia Usaha Membaik di Triwulan IV 2020

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
BI: Kegiatan Dunia Usaha Membaik di Triwulan IV 2020

Ilustrasi
Dunia usaha membaik

 

HASIL Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang dilakukan oleh Bank Indonesia mengindikasikan kegiatan dunia usaha membaik di triwulan IV 2020, meski masih berada dalam fase kontraksi. Hal itu terlihat dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) triwulan IV 2020 yang sebesar -3,90%, membaik dari triwulan III 2020 yang sebesar -5,97%.

“Perbaikan kegiatan usaha didorong oleh kinerja sejumlah sektor yang tumbuh positif, yaitu sektor pengangkutan dan komunikasi; keuangan, real estate dan jasa perusahaan; listrik, gas dan air bersih, serta jasa-jasa,” tulis laporan BI yang dirilis pada Rabu (13/1).

Perbaikan kondisi kegiatan usaha tersebut ditopang oleh permintaan yang meningkat pada Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan tahun baru, ketersediaan bahan baku produksi dan peningkatan jumlah pelanggan baru di subsektor listrik.

Sejalan dengan perkembangan SKDU, survei penggunaan tenaga kerja dan kondisi keuangan dunia usaha membaik di triwulan IV 2020. Tercatat, SBT tenaga kerja di periode tersebut berada di level -10,18%, membaik dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar -16,47%.

Baca juga :Kementan Targetkan Impor 2,6 Juta Ton Kedelai

Kondisi keuangan dunia usaha juga menunjukkan perbaikan seiring dengan membaiknya kegiatan usaha. Berdasarkan kondisi likuiditasnya, Saldo Bersih (SB) likuiditas perusahaan di triwulan IV 2020 mencatat kinerja positif sebesar 8,59%, jauh lebih baik setelah sebelumnya konsisten mengalami penurunan sejak triwulan II 2020.

Di triwulan IV 2020 pula perusahaan diindikasi sudah mampu mencetak laba. Itu tercermin dari SB indikator rentabilitas sebesar 5,56%, membaik dari triwulan sebelumnya yang -6,34%. “Hal ini sejalan dengan peningkatan persentase responden yang menjawab rentabilitas dalam kondisi membaik sebesar 22,75% dari 17,18% pada triwulan sebelumnya, serta menurunnya persentase responden yang menjawab kondisi rentabilitas memburuk dari 23,52% pada triwulan III-2020 menjadi 17,09% pada triwulan IV-2020,” jelas laporan BI.

Pada triwulan I 2021, responden memperkirakan kegiatan usaha akan mencatat kinerja positif dengan SBT sebesar 7,68%. Berdasarkan sektor ekonomi, peningkatan diperkirakan terjadi pada seluruh sektor ekonomi, terutama sektor keuangan, sektor real estate dan jasa perusahaan, serta sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan. (OL-2)

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Luhut: RI Punya Potensi Jadi Produsen Lithium Terbesar Kedua Dunia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:04 WIB
Cadangan nikel yang beragam menjadikan Indonesia tentu mampu bersaing di kancah produsen...
Antara/Sigid Kurniawan

Dilantik Presiden, Ini Profil Tiga Anggota Dewas LPI

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 27 Januari 2021, 11:00 WIB
Presiden Joko Widodo telah melantik lima Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi (LPI) di Istana Negara Jakarta, tiga di...
Antara/Sigid Kurniawan

Dilantik Presiden Pagi Ini, Dewas LPI Segera Seleksi Calon CEO LPI

👤M Ilham Ramadhan 🕔Rabu 27 Januari 2021, 10:15 WIB
Saat ini sejumlah nama beredar untuk menjadi pimpinan LPS. Salah satunya Pandu Patria...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya