Senin 14 Desember 2020, 22:25 WIB

Pemulihan Ekonomi Mesti Diikuti Investasi yang Masif

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemulihan Ekonomi Mesti Diikuti Investasi yang Masif

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
ilustrasi

 

PAKAR Pemasaran sekaligus Founder & Chairman MarkPlus Inc Hermawan Kartajaya memprediksi pemulihan ekonomi di Indonesia membutuhkan waktu dua tahun setelah kedatangan vaksin covid-19.

Seperti diketahui, 1,2 juta dosis vaksin Sinovac dari Tiongkok telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 6 Desember lalu dan saat ini berada di Kantor Pusat Bio Farma, Bandung, Jawa Barat.

"Saya melihat recovery itu dua tahun kira-kira, kalau mau aman. Dalam recovery ini harus ada investasi," kata Hermawan dalam webinar, Senin (14/12).

Menurutnya, dengan adanya investasi yang masif ke Indonesia, bakal menjadi incaran para investor. Hal ini, katanya, juga didukung dengan realisasi investasi yang didorong penanaman modal dalam negeri.

"Sekarang investor tengah memburu saham Indonesia, walaupun peranan domestik semakin besar. Investor di Indonesia berkembang mendekati 50%," kata Hermawan.

Baca juga: Kurikulum Bisnis Digital Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Menurutnya, salah satu negara yang tertarik menanamkan investasi di tanah air ialah Korea Selatan. Dalam keterangan resmi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) disebutkan, sepanjang periode Januari hingga September 2020, tercatat realisasi investasi asal Korea Selatan berada pada peringkat ke-7 dengan total investasi sebesar US$683 juta.

Terpisah, Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada 2021 menarget sebesar 4,5% hingga 5%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan syarat utama untuk bisa mencapai pertumbuhan tersebut diperlukan penanganan Covid-19 dan program vaksinasi yang dilakukan pada tahun depan

"Ini sangat tergantung pada cara kita menangani Covid-19 melalui disiplin kesehatan, serta program vaksinasi tahun depan. Dibutuhkan anggaran yang cukup signifikan karena dalam coverage vaksinasi besar," kata Sri Mulyani. (OL-4)

Baca Juga

Antara

PLN Kebut Proyek Kelistrikan di Kawasan Industri Kalsel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:39 WIB
Salah satunya, pengembangan Sebuku Indonesia Industrial Park (SIIP) di Pulau Sebuku, Kabupaten...
Ist

Sandiaga Uno Dorong Pelaku Ekonomi Kreatif Jadi Kunci Kebangkitan Ekonomi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:32 WIB
Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat terus berkembang, dan inovasi serta kolaborasi para entrepreuner jadi kunci kebangkitan ekonomi...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Hari Pelaut Sedunia 2022 Momentum Lahirnya UU Pelaut

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 22:25 WIB
Menurut Hakeng, hingga saat ini, profesi pelaut masih membutuhkan instrumen peraturan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya