Senin 07 Desember 2020, 18:00 WIB

Presiden Ajak Masyarakat Cintai Produk Dalam Negeri

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Presiden Ajak Masyarakat Cintai Produk Dalam Negeri

DOK KOMINFO
Logo gerakan Bangga Buatan Indonesia

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta seluruh rakyat Indonesia untuk mencintai dan membeli produk-produk industri kreatif asli dalam negeri. Hal tersebut merupakan kunci untuk menekan defisit transaksi berjalan sekaligus mengembangkan industri kreatif nasional secara cepat dan pesat.

"Jika ini dilakukan tentu akan berdampak besar bagi perekonomian Indonesia. Ini akan mengangkat industri turunan terutama sektor UMKM, membuka lapangan kerja baru yang lebih banyak hingga akhirnya berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional," ujar Jokowi dalam acara Anugerah Bangga Buatan Indonesia, Senin (7/12).

Namun, ia juga menyadari bahwa gerakan Bangga Buatan Indonesia tidak bisa berjalan sendiri. Upaya tersebut harus diiringi gerakan peningkatan kualitas dan daya saing.

Dua gerakan tersebut, sambung Presiden, harus dilakukan secara beriringan melalui pengembangan ekosistem dan kepercayaan diri sebagai bangsa besar yang mencintai negeri. Pemerintah pun berkomitmen untuk memperkuat sektor industri kreatif.

"Kita akan terus memperbaiki ekosistem berusaha para pelaku industri kreatif. Kita harus ciptakan lebih banyak peluang untuk industri dalam negeri untuk semakin berkembang," tutur Presiden.

Kepala negara mengatakan produk-produk industri kreatif lokal memiliki potensi untuk bertumbuh dengan baik. Di dalam negeri saja, ada 270 juta orang yang sudah siap menjadi pasar bagi produk-produk tersebut. "Dengan jumlah penduduk yang besar itu, dengan daya beli yang terus meningkat, Indonesia memiliki potensi pasar yang sangat besar, kekuatan pasar yang sangat menjanjikan," ucap Jokowi.

Jangan sampai kekuatan pasar yang sangat besar itu justru dimanfaatkan oleh para pemain asing. "Kita harus memanfaatkan pasar yang besar ini untuk meningkatkan industri di dalam negeri. Kita harus memanfaatkan pasar yang besar ini untuk mempercepat industrialisasi. Kita buat produk-produk di dalam negeri sekaligus menciptakan lapangan kerja," tegasnya. (P-2)

Baca Juga

Dok. Kementerian ATR/BPN

Kementerian ATR/BPN Gelar Sosialiasi PP Turunan UU Cipta Kerja Bidang Pengendalian Fungsi Tanah dan Ruang 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 00:11 WIB
Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (Ditjen PPTR) membawahi beberapa PP, yaitu PP Nomor 18 Tahun 2021 tentang...
Dok. Kemendag

UKM Binaan ECP Kemendag Sukses Perluas Pasar Ekspor Furniture ke UEA 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:52 WIB
CV Mebel Internasional merupakan peserta ECP untuk wilayah Jawa Tengah yang berhasil mendapatkan permintaan dari UEA dengan memanfaatkan...
Dok. Diamondland

Ikut Bantu Pencapaian Herd Immunity dan Pemulihan Ekonomi, Diamonland Gelar Vaksinasi Massal 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:06 WIB
Kegiatan itu merupakan bentuk tanggung jawab sosial dalam menyukseskan pencapaian herd immunity melalui vaksinasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya