Kamis 26 November 2020, 14:46 WIB

Kemenperin : Penyerapan Tenaga Kerja Industri Turun Jadi 17,4 Juta

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Kemenperin : Penyerapan Tenaga Kerja Industri Turun Jadi 17,4 Juta

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Eko Cahyanto menuturkan, imbas pandemi berdampak pada menurunnya penyerapan tenaga kerja di sektor industri pengolahan.

"Salah satu dampak pandemi covid-19 adalah terjadinya penurunan tenaga keja di aman tenaga kerja sektor industri pada Agustus tahun ini angkanya apda 17,48 juta atau 13,61% dari total tenaga kerja nasional," ujar Eko dalam kanal Youtube Indef, Kamis (26/11).

Angka tersebut, kata Eko, menurun dibanding Agustus tahun lalu yang mencapai 18,93 juta orang atau 14,96% dari total tenaga kerja nasional.

Rendahnya serapan tenaga kerja di industri, lanjut Eko juga terlihat dari purchasing managers' index (PMI) infastruktur atau indikator keyakinan para manajer bisnis di sektor manufaktur, juga menurun.

Baca juga : Benahi Regulasi, Presiden Ingin Makin Banyak Lapangan Kerja

"Di awal kemarin yang angkanya sudah mulai ekspansif sampai di 50,8 pada Agustus lalu. Seiring dengan program pemulihan ekonomi nasional pada September kemarin PMI kembali turun diangka 47,2, lalu naik sedikit di bulan Oktober mencapai 47,8," tutur Eko.

Dengan kondisi tersebut, Eko menambahkan, level utilisasi industri pengolahan non migas berada di level 56,60%. Jumlah itu dinilai lebih rendah dari posisi sebelum pandemi Covid-19 di level 76%.

"Utilisasi ini cukup berat bagi sektor industri, karena sebelum pandemi 76%, lalu turun perlahan dan meningkat melalui kebijakan pemerintah," jelasnya

Secara umum, Eko menyampaikan, nilai ekspor sektor industri dari Januari hingga Oktober tahun ini mencapai US$106,14 miliar. Sedangkan, untuk nilai investasi di sektor industri periode Januari sampai September tahun ini sebesar Rp201,9 miliar.

"Angka investasi itu meningkat sebesar 37% dibanding tahun lalu sebesar Rp147,3 triliun," pungkas Eko. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. PGN

Wujudkan Kemandirian Energi, PGN Tingkatkan Pelanggan Rumah Tangga

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:30 WIB
Salah satu strategi yang dijalankan ialah dengan menyentuh masyarakat secara langsung melalui program pemenuhan layanan gas bumi...
Antara/Nova Wahyudi

PGN Terus Sempurnakan Infrastruktur Gas Bumi Nasional

👤Andhika Prasetyo 🕔Jumat 15 Januari 2021, 23:24 WIB
Yang pertama adalah proyek pipaninasi gas bumi. Program tersebut akan menjadi kunci dalam optimalisasi utilisasi gas bumi...
Antara/Rivan Awal Lingga

Jokowi: Pengawasan OJK Jangan Masuk Angin, Harus Bertaring

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 15 Januari 2021, 22:38 WIB
"Transaksi keuangan yang menjurus ke fraud harus ditindak tegas. Pengawasan OJK juga tidak boleh mandul, tidak boleh masuk angin, dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya