Selasa 24 November 2020, 21:40 WIB

Indonesia-Denmark Perkuat Kerja Sama dalam Energi Terbarukan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Indonesia-Denmark Perkuat Kerja Sama dalam Energi Terbarukan

Antara/Hafidz Mubarak A
Menteri ESDM Arifin Tasrif

 

MENTERI Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Menteri Iklim, Energi, dan Utilitas Denmark Dan Jorgensen melakukan penandatanganan resmi Protokol Amandemen Kedua Indonesia - Denmark bidang Energi Terbarukan, Bersih dan Konservasi Energi yang merupakan pembaruan dari MoU sebelumnya, secara virtual, Selasa (24/11).

"Sejak penandatanganan MoU EBT antara Indonesia - Denmark pada 2015 lalu, Denmark telah menjadi negara yang berperan penting bagi Indonesia. Melalui MoU tersebut, kami menjalin kerjasama yang strategis di bidang Energi, di antaranya Energy Modelling, Integrasi EBT, dan efisiensi energi," ujar Arifin dalam keterangan resminya.

Penandatanganan Protokol Amandemen Kedua Indonesia - Denmark ini, lanjutnya, menjadi bentuk keseriusan kedua negara dalam mencapai tujuan kerangka Indonesia Denmark Energy Partnership Programme (INDODEPP) 2020 - 2025.

Tujuan kerangka itu, sebut Arifin, untuk memenuhi kebutuhan energi nasional Indonesia secara berkelanjutan dalam memenuhi target Nationally Determined Contribution (NDC) serta pencapaian target 23% energi terbarukan pada tahun 2025.

Baca juga : Komisi IV DPR RI Sepakat Membentuk Pansus Dana Sawit

Sementara itu, Menteri Energi, Utilitas dan Perubahan Iklim Denmark Dan Jorgensen menyampaikan, kerja sama antara Indonesia dan Denmark dapat menjadi langkah guna meningkatkan perkembangan energi terbarukan.

"Sehubungan dengan meningkatnya jumlah negara yang berkomitmen untuk melaksanakan netralitas karbon dan keuangan internasional mulai beralih dari batubara dan bahan bakar fosil lainnya," imbuhnya.

Dia menambahkan, kerja sama antara Indonesia dan Denmark akan menjadi contoh untuk meningkatkan energi terbarukan sekaligus mengurangi ketergantungan pada batubara.

"Dengan perjanjian ini, kedua negara mengambil langkah bersama untuk memerangi krisis iklim global," ungkap Jorgensen. (OL-7)

Baca Juga

Dok AKR Land

Pengembangan Properti Mesti Mampu Angkat Ekonomi Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 21:50 WIB
Proyek-proyek kota satelit yang dikembangkan AKR Land merupakan perwujudan kontribusi perusahaan terhadap pembangunan di...
Antara/Umarul Farug

Diwarnai Perlawanan, Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Rokok

👤Despian Nurhidayat 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 19:15 WIB
Mereka melempari kapal BC 10009, BC 15040, BC 15041, dan HSC yang dikuasai Bea Cukai dengan bom molotov, mercon, serta kembang...
Dok. Bank Mandiri

Peduli Bencana Alam, Bank Mandiri Salurkan Bantuan Darurat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 18:34 WIB
Pengiriman bantuan tanggap darurat Mandiri Peduli Bencana tersebut dilakukan oleh karyawan dan sukarelawan melalui jalan darat dari lokasi...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya